Dalam menggagas berdirinya sentra Industri Kecil di Kabupaten Gresik, Masyarakat Desa Pongangan Kecamatan Manyar menggelar Pameran yang bertajuk Desa Expo I tahun 2009.

Pameran yang akan digelar selama 3 hari sejak Sabtu hingga Senin tanggal 21-23 Pebruari 2009 akan diisi oleh berbagai produk unggulan desa dari berbagai desa di Kabupaten Gresik diantaranya kerudung, konfeksi, tas, kerajinan rotan, pelepah pisang, tanaman adenium yang merupakan ikon Kabupaten Gresik dan lain-lain.

Tak hanya produk pedesaan, beberapa produk hasil dari pabrik-pabrik yang berproduksi di Kabupaten Gresik, lembaga pendidikan, operator selluler, produk makanan olahan, produk elektronika juga ikut dipamerkan. Hal ini di sampaikan oleh Ir. Hery Arifin, MBA selaku Ketua Panitia melalui kabag Humas Pemkab Gresik, Drs. M. Hari Syawaluddin, MM.

Pada tahap awal ini kami hanya menyediakan 50 stand pameran. Hal ini sesuai kapasitas alun-alun desa. Kalau seandainya ada permintaan melebihi dari perkiraan tersebut, tak menutup kemungkinan akan kami tambah lagi sampai sisi kanan kiri jalan raya. Hal itu serba mungkin karena acara ini berbarengan dengan menjelengnya perayaan tahunan masyarakat Desa Suci yaitu Rebo Wekasan.

Tak hanya pameran, desa Expo I ini merupakan rangkaian acara selama 1 minggu yang diisi dengan beberapa kegiatan mulai dari Khotmil Qur’an, olahraga, Istighotsah hingga seminar sehari. Kami telah mengundang 200 orang pelaku usaha kecil dari desa-desa di sekitar kecamatan Manyar sebagai peserta.

Tiga orang pembicara hadir yaitu dari Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Gresik, Bank Jatim, dan Drs. Syamsul Nurhadi Dirut Peach Bromo Consultant. Mereka akan mengupas tentang “ Strategi Pengembangan dan Pembentukan Sentra – Sentra Industri UKM/UMKM yang berbasis desa”. Bupati Gresik Dr. KH. Robbach Ma’sum, Drs, MM juga hadir sebagai Keynote Speaker. (sdm)