Ada pemandangan yang berbeda pada peringatan hari Kartini, anak-anak diajak untuk sungkem sekaligus membasuh kaki Ibu sebagai bentuk penghormatan anak kepada orang tuannya.

Peringatan hari Kartini yang dilaksanakan oleh SDN 2 Sidokumpul memang bernuansa kasih sayang baik terhadap anak kepada Ibu atau sebaliknya. Peringatan ini di awali dengan apel bersama yang di ikuti oleh seluruh siswa maupun Guru, setelah itu para siswa diajak bermain dengan mencari ibunya masing-masing yang sudah siap duduk di kursi, mereka saling berlarian mencari ibunya yang sudah siap duduk di kursi yang telah disediakan, karena para siswa tidk siap, tentunya mereka berhamburan mencari ibunya, ada yang sudah menemukan ada pula yang tidak menemukan, karena ibunya tidak ada di tempat duduk, bahkan adapula yang salah memilih Ibu. Ehh salah…itu ibumu celetuk salah satu ibu.sambil menunjukkan ibunya.

Setelah mereka saling menemukan, maka anak-anak langsung membasuhkan air bungah ke kaki ibunya setelah itu mereka membersihkan dengan lap kain yang sudah di siapkan, sambil memohon maaf kepada ibunya……! demikian juga para ibunya langsung merangkul anaknya dan menciumnya.

Menurut salah satu panitia menjelaskan kegiatan ini merupakan bentuk saling kasih sayang antara anak dan Ibu, pengabdian seorang anak kepada ibu serta do’a ibu kepada anak, dari sinilah berkah yang diberikan ibu anak agar kelak anaknya berguna bagi bangsa dan Negara. jelas lasmirin

Sementara itu Ibu Mariah Ulfa Sambari HR, usai mendapat basuhan dari anaknya menjelaskan bahwa, kegiatan ini sangat baik di terapkan bagi anak-anak sebagai bentuk pendidikan karakter anak, dan merupakan bentuk kasih sayang antara anak dan ibu atau sebaliknya. (dwi)