TAHUN 2012 ANGKA KEMATIAN DI INDONESIA 59% AKIBAT PENYAKIT TAK MENULAR DAN LIFE STYLE

Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang di laksanakan di lapangan Desa Sumurber Kec Panceng sangat meriah, selai di laksanakan Upacara juga di warnai dengan peneriamaan hadiah-hadiah peserta lomba, dan sebelumnya di lapangan tersebut juga dilaksanakan bumi perkemahan.

Wakil Bipati Gresik Drs. H. Moch Qosim saat menjadi Irup upacara menyampaikan bahwa peringatan Hari Kesehatan Nasional yang ke 48 tahun 2012 mengambil tema “Indonesia cinta Sehat ” dengan sub Tema “Ibu selamat anak sehat”. Indonesia Cinta sehat adlah refleksi dari sikap dan perilaku setiap insan Indonesia menjadikan kesehatan sebagai dasar tindakan dan motivasi dalam kehidupan sehari-hari. Sedang sub tema Ibu selamat anak sehat di pilih karena karena merupakan sasarn prioritas pembangunan Kesehatan.

Dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak , cakupan persalinan oleh tenaaga kesehatan telah meningkat secara bermagna dari 61,4% tahun 2007 menjadi 87,4% tahun 2011, dalam periode yang sama cakupan imunisasi campak meningkat dari 67% menjadi 93,3% status gizi masyarakat juga menunjukkan perbaikan perbaikan, prevalensi gizi kurang pada balita tahun 2010 sebesar 17,9% dan diharapkan turun menjadi 15% pada tahun 2015.

Selain berbagai kemajuan dalam pembangunan kesehatan, saat ini kita tengah menghadapi tantangan baru yaitu meningkatknya penyakit tidak menular, hal ini di sebabkan karena perubahan gaya hidup/life style. Data tahu 2010 menunjukkan 59% kematian di Indonesia disebabkan penyakit tidak menular dan gaya hidup, yang tentunya membutuhkan biaya besar, seperti Stroke, diabetes, gagal ginjal, janung, AID, penyakit-penyakit tersebut sebenarnya bisa di cegah dengan gaya hidup sehat seperti pola makan gizi imbang, mengendalikan berat badan, olah raga teratur, tidak merokok dan berperilaku seksual yang bertanggungjawab.

Wakil Bupati Gresik menyampaikan terima kasih kepada seluruh tenaga Kesehatan, pembangunan kesehatan tidak mungkin berhasil tanpa dukungan peran serta dan komitmen seluruh pemangku kepentingan dan seluruh lapisan masyarakat, terima kasih kepada tenaga kesehatan yang telah melayani masyarakat, rakyat di daerah-daerah terpencil dengan rasa iklas Usai upacara di lanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada juara I lomba cuci tangan Pakai sabun (CTPS) diraih oleh RS Semen Gresik, pemberian penghargaan CTPS terbaik se kab Gresik di raih Dusun Gowah Desa Kedung sumber Kec Balongpanggang, pemberian penghargaan lomba Ponkesdes Tingkat Profinsi juara II desa Sukorejo Kec Sidayu Kab Gresik, juara I lomba penyuluhan bagi Kader PHBS (Perilaku Hidup bersih dan sehat) serta beberapa penghargaan lainnya. (dwi)