TINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK, KEMENTERIAN PAN-RB GELAR PAMERAN PELAYANAN PUBLIK DAN SIMPOSIUM DI GRESIK

Kamis, 18 May 2017 | 14:39

Kabupaten Gresik terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pameran dan Simposium Pelayanan Publik dan Simposium yang diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) yang bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik.

Pada pembukaan pameran Pelayanan Publik dan Simposium yang digelar hari ini, Kamis (18/05/2017) terpusat di Gelora Joko Samudro tersebut dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah pada Kemenpan-RB M. Sadiq Pasadigoe dan dibuka secara langsung oleh Sekda prov Jatim Dr. H. Akhmad Sukardi serta turut mendampingi selaku tuan rumah Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto beserta Wakil Bupati Dr. H. Moh. Qosim.

Dipilihnya Kabupaten Gresik sebagai ajang pameran bukan tanpa alasan. Pasalnya kabupaten Gresik merupakan salah satu ikon Jawa Timur dengan melakukan kebijakan yang pro rakyat. Khususnya pada bidang kesehatan dan Pendidikan.

Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto dalam sambutannya mengatakan, pameran ini untuk memacu daerah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Selain itu juga mengenalkan Gelora Joko Samudro yang memberikan banyak manfaat bagi masyarakat di Kabupaten Gresik.

“Untung kita punya Gelora Joko Samudro, sehingga kegiatan bertaraf nasional ini dapat terselenggara dengan baik disini. Jangankan event nasional, bahkan event internasional saja bisa dilaksanakan disini,” kata Bupati Sambari disusul dengan tepuk tangan para undangan yang hadir.

Dijelaskan Kabag Humas Pemkab Gresik Suyono bahwa Gelora Joko Samudro merupakan gedung yang multifungsi, selain untuk event nasional dan internasional. PSSI juga merekomendasikan Gejos dapat menggelar pertandingan liga maupun pertandingan Internasional.

Selain itu, antusiasme masyarakat yang ingin mengetahui secara langsung kegiatan ini juga cukup besar. Mereka ingin mengetahui pelayanan apa saja yang didapatkan dari jajaran birokrasi yang merupakan pelayan masyarakat itu. “Meski ada beberapa yang sekedar datang dan berkeliling di arena pameran, tidak sedikit anggota masyarakat yang memanfaatkan momen itu untuk mengurus surat-surat perijinan dan bentuk lainnya yang diperlukan,” kata Suyono.

Suyono juga mengajak masyarakat untuk hadir pada kegiatan yang digelar mulai tanggal 18 sampai 20 Mei. Sebab, selain gratis, pameran pelayanan publik juga memberikan banyak hadiah dan doorprice menarik bagi pengunjung.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah pada Kemenpan-RB M. Sadiq Pasadigoe menyatakan, Kabupaten/kota di Indonesia khususnya di Jawa Timur harus mempunyai langkah nyata untuk meningkatkan kualitas pelayanan public. “Hal ini untuk mewujudkan Indonesia memasuki Era Pelayanan Publik tingkat Dunia pada tahun 2025 mendatang,” katanya.

Selain itu, dirinya juga menghimbau kepada kabupaten / kota yang belum menerapkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) untuk segera menerapkan hal tersebut. “Kebetulan Kabupaten Gresik sudah menerapkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dalam hal pelayanan perijinan. Oleh sebab itu, kabupaten/kota yang belum menerapkan, segera terapkan PTSP tersebut,” imbuhnya.

Sekdaprov Jatim Dr. H. Akhmad Sukardi mengatakan,selain pameran, acara yang dipusatkan di Gelora Joko Samudro tersebut, Kemenpan-RB juga akan memberikan penghargaan Top 99 kepada pemprov, pemkab dan pemkot yang melakukan inovasi di bidang pelayanan publik.

“Penghargaan ini akan diserahkan secara langsung oleh bapak Menpan RB pada saat puncak acara,” ujarnya. (iis / Humas pemkab Gresik / edited by Diskominfo)