Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil

Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil

  • Nama Instansi : Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil
  • Alamat : Jl. Wachid Hasyim No. 17 Gresik
  • Telp/Fax : (031) 3973432 / Fax 031- 3973433
  • Email : dispenduk@gresikkab.go.id; infodispendukcapil@gresikkab.go.id
  • Website : http://disdukcapil.gresikkab.go.id/

Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil

  • Pimpinan: Ir. SUMARNO, MMA
  • Pangkat : PEMBINA UTAMA MUDA (IV/c)
  • NIP : 19580412 198603 1 017

Tugas:

Membantu Bupati dalam menyelenggarakan urusan bidang kependudukan, catatan sipil dan pelayanan sosial yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan sesuai ketentuan peraturan perundangan.

Fungsi:

        1. Perumusan kebijakan bidang kependudukan, catatan sipil dan pelayanan sosial;
        2. Pengkoordinasian pelaksanaan kebijakan bidang kependudukan, catatan sipil dan pelayanan sosial;
        3. Pengkoordinasian pelaksanaan pelayanan bidang kependudukan, catatan sipil dan pelayanan sosial;
        4. Pelaksanaan pembangunan dan pengembangan sumber daya manusia pengelola informasi administrasi kependudukan skala kabupaten;
        5. Pelaksanaan pengkoordinasian dan kerjasama antar daerah dalam pelaksanaan kebijakan pengendalian kuantitas penduduk,   pengembangan kualitas penduduk, pengarahan mobilitas/ penataan persebaran penduduk, perlindungan penduduk dalam konteks pembangunan berwawasan kependudukan skala kabupaten;
        6. Pengkoordinasian kebijakan pelayanan akta catatan sipil yang meliputi kelahiran dan kematian, perkawinan, perceraian, pengakuan, dan  pengesahan anak serta pendokumentasian akta catatan sipil;
        7. Pelaksanaan kebijakan pembinaan dan penanggulangan masalah sosial, kelembagaan sosial dan peningkatan nilai-nilai sosial;
        8. Pengelolaan informasi administrasi kependudukan dan penyediaan perangkat keras dan perlengkapan lainnya serta jaringan komunikasi data sampai dengan tingkat kecamatan atau desa/kelurahan sebagai tempat pelayanan dokumen penduduk;
        9. Pelaksanaan fasilitasi, sosialisasi, bimbingan teknis, advokasi, supervisi, dan konsultasi pelaksanaan pencatatan sipil skala kabupaten
        10. Pelaksanaan pembinaan dan  pemberdayaan organisasi sosial serta peningkatan peran serta masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan sosial;
        11. Pelaksanaan pengkoordinasian pemantauan dan analisa kelayakan pemberian bantuan sosial baik ke lembaga sosial maupun kepada masyarakat penyandang masalah sosial;
        12. Pengkoordinasian pemberian bantuan sosial bagi korban bencana baik bencana alam maupun bencana karena akibat ulah manusia;
        13. Pengkoordinasian pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan bidang kependudukan, catatan sipil dan penanggulangan masalah sosial.
        14. Pembinaan dan pengendalian unit pelaksana teknis dinas kependudukan, catatan sipil dan sosial;
        15. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh bupati sesuai dengan bidang tugasnya.

Struktur Organisasi

Susunan Organisasi Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil terdiri dari:

  1. Kepala Dinas
    • Ir. SUMARNO, MMA / PEMBINA UTAMA MUDA (IV/c)
    • NIP : 19580412 198603 1 017
  2. Sekretaris
    • Drs. SHOHIB, M.M. / Pembina TK. I (IV/b)
    • Nip. 19590412 198103 1 015
    1. Sub Bagian Umum & Kepegawaian
      • PRAPTIWININGSIH, Bckn / Penata TK. I (III/d)
      • Nip. 19621104 198703 2 012
    2. Sub Bagian Program & Pelaporan
      • SUGIYANTO, SH / Penata TK. I (III/d)
      • Nip. 19680724 199602 1 001
    3. Sub Bagian Keuangan
      • Dra. NURUL HIDAYATI / Penata TK. I (III/d)
      • Nip. 19620504 198603 2 009
  3. Kependudukan
    • ACH. MUZAKKI, SH / Penata TK. I (III/d)
    • Nip. 19760419 200701 1 006
    1. Seksi Pendaftaran dan Penerbitan Dokumen Pendudukan
      • ENDANG SINTOWATI, SH / Penata TK. I (III/d)
      • Nip. 19660907 198603 2 004
    2. Seksi Mutasi Penduduk
      • CHURUL AIN, S.E.
      • Nip. 19680922198903 2 005
    3. Seksi Mobilitas Penduduk
      • ABDUL CHALIK, SE
      • Nip. …………………
  4. Bidang Pelayanan Pencacatan Sipil
    • DJUARI, S.Sos, MM / Pembina (IV/a)
    • Nip. 19580726 197803 1 003
    1. Seksi Kelahiran dan Kematian
      • LIK’ANAH, S.H. / Penata Tk. I (III/d)
      • Nip. 19580515 198103 2 008
    2. Seksi Perkawinan, Perceraian dan Pengesahan Anak
      • MENIK SRI RAHAYU, S.E / Penata (III/c)
      • Nip. 19650624 199310 2 002
    3. Seksi Pengolahan dan Pemeliharaan Data
      • PUJI RAHAYU,S.Sos / Penata (III/c)
      • Nip. 19590911 198603 2 011
  5. Bidang Informasi Administrasi Kependudukan
    • Ir. NURJANTI AGUSTINI, M.M. / Pembina (IV/a)
    • NIP. 19610821 199403 2 003
    1. Seksi Pengumpulan dan Dokumentasi Data Penduduk
      • WINARTI, S.Sos
      • Nip.
    2. Seksi Pengendalian Sistem Informasi Kependudukan
      • ABDUL WARIS, S.H / Penata Muda Tk. I (III/b)
      • Nip. 19680514 198603 1 002
    3. Seksi Statistik dan Pengolahan Data Kependudukan
      • Zur’ah, S.SiT
      • Nip.
  6. Kelompok Jabatan Fungsional; dan
  7. Unit Pelaksana Teknis Dinas.

Gambar Struktur Organisasi

Klik Gambar Struktur Organisasi

Download File

Peraturan Bupati Gresik Tahun 2012 Tentang Rincian Tugas, Fungsi Dan Tata Kerja Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil

Klik Link ke Website Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

---KELUARGA BESAR PEMERINTAH KABUPATEN GRESIK MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1435 H - MINAL AIDIN WALFAIDZIN - MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN---