PRODUK HUKUM      PPID      BKD      BAPPEDA      DPM DAN PTSP

DKB DAN PP      DISPENDUKCAPIL      DISPENDIK      BPPKAD      DINKES

PNPM MANDIRI      KIM SENTOSA      KIM HARAPAN BERSAMA
DISHUB      DINAS PERTANIAN      DINAS PARIWISATA      GRESIK MIGAS

DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN      PDAM      RSUD IBNU SINA

KECAMATAN KEBOMAS      KECAMATAN BUNGAH

home / pemda / dinas / kesehatan

 

DINAS KESEHATAN

Alamat : Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo N0. 245-c Gresik

Telp/Fax : (031) 3951395, (031) 3951247, (031) 3951234 / Fax (031) 3951234

Email : dinkes@gresikkab.go.id

Website : dinkes.gresikkab.go.id


Kepala Dinas Kesehatan

Nama : dr. M. NURUL DHOLAM

Pangkat : PEMBINA Tk.I (IV/b)

NIP : 19621123 198901 1 001

   

Visi:

“MASYARAKAT SEHAT YANG MANDIRI DAN BERKEADILAN

Misi:

1.  Meningkatkan kinerja upaya kesehatan;

2.  Menggalang pembiayaan kesehatan;

3.  Mengacu profesionalisme & kecukupan Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan;

4.  Menjamin pemerataan obat & perbekalan kesehatan;

5.  Memberdayakan masyarakat;

6.  Menciptakan manajemen kesehatan yang akuntabel.

Tugas:

membantu Bupati dalam melaksanakan urusan Kesehatan.

Fungsi:

pelaksanaan, pengkoordinasian penyusunan kebijakan dan program urusan kesehatan;

1.  Pengkoordinasiaan pelaksanaan kebijakan urusan kesehatan;

2.  Pengkoordinasian pelaksanaan pelayanan administrasi urusan kesehatan;

3.  Pengkoordinasian pengendalian pelaksanan kebijakan urusan kesehatan;

4.  Pengkoordinasian pelaksanan pembinaan dan fasilitasi urusan kesehatan;

5.  Pengkoordinasian pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan urusan kesehatan;

6.  Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan bidang tugasnya.


TUGAS UPT :

Kepala UPT mempunyai tugas membantu Kepala Dinas atau Kepala Badan dalam melaksanakan tugas teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang yang mempunyai wilayah kerja1(satu) atau beberapa kecamatan.

FUNGSI UPT :

Kepala UPT Dinas atau Badan, menyelenggarakan fungsi:

  1. pelaksanaan koordinasi tugas teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya;
  2. penyusunan usulan bahan kebijakan dan perencanaan program dan kegiatan;  
  3. pelaksanaan kebijakan teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya;
  4. pelaksanaan pelayanan administrasi teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya;
  5. pelaksanaan pengendalian kegiatan dan kebijakan teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya;
  6. pelaksanan pembinaan dan fasilitasi kegiatan dan kebijakan teknis teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya;
  7. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan dan kebijakan teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya; dan
  8. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas atau Badan yang membidangi  sesuai dengan bidang tugasnya.

 

UPT Teknis Puskesmas

1. TUGAS :

melaksanakan sebagian tugas Dinas Kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berada di wilayah kerjanya.

2. FUNGSI :

  1. pelaksanaan penggerak pembangunan berwawasan kesehatan;
  2. pusat pemberdayaan kesehatan masyarakat;
  3. pusat pelayanan kesehatan pertama terdiri pelayanan kesehatan perorangan dan pelayanan kesehatan masyarakat; 
  4. pelaksanaan pengelolaan keuangan;
  5. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya; dan
  6. pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Kesehatan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

UPT Pengelola dan Pelayanan Farmasi

1. TUGAS :

melaksanakan sebagian tugas Dinas Kesehatan di bidang pengelolaan obat publik dan perbekalan kesehatan, meliputi perencanaan kebutuhan, pengadaan, penerimaan, penyimpanan, pendistribusian, pengendalian penggunaan, pencatatan dan pelaporan, monitoring, supervisi dan evaluasi.  

2. FUNGSI :

  1. pelaksanaan perencanaan kebutuhan obat dan perbekalan kesehatan untuk pelayanan kesehatan dasar;
  2. pelaksanaan penyediaan obat dan perbekalan kesehatan untuk pelayanan kesehatan dasar;
  3. pelaksanaan seleksi obat publik dan perbekalan kesehatan untuk pelayanan kesehatan dasar;
  4. turut serta dalam perencanaan dan pelaksanaan pengadaan obat dan perbekalan kesehatan;
  5. pelaksanaan penerimaan, penyimpanan dan pendistribusian obat publik dan perbekalan kesehatan berasal dari berbagai sumber anggaran, program dan/atau permintaan unit pelayanan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  6. penyiapan bahan monitoring, supervisi dan evaluasi pengelolaan obat publik dan perbekalan kesehatan  pada Unit Pelayanan Kesehatan Dasar;
  7. pelaksanaan bimbingan teknis pengelolaan obat publik, perbekalan kesehatan dan pengendalian penggunaan obat di Unit Pelayanan Kesehatan Dasar;
  8. pelaksanaan kegiatan administrasi pada unit pengelola dan Pelayanan Farmasi; 
  9. pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Kesehatan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

UPT Laboratorium Kesehatan Daerah

1. TUGAS :

melaksanakan sebagian tugas Dinas Kesehatan di bidang pelayanan pemeriksanaan lingkup Laboratorium Kesehatan patologi klinik yang berkaitan dengan kepentingan kesehatan masyarakat.

2. FUNGSI :

  1. penyusunan program dan kegiatan Laboratorium Kesehatan Daerah;
  2. pemeriksanaan dan penganalisaan sample sesuai prosedur yang berlaku;
  3. pelayanan pemeriksanaan di bidang mikrobiologi, fisika, kimia, dan gas;
  4. pemeriksaan laboratorium yang berkaitan dengan kepentingan kesehatan lingkungan dalam menunjang pencegahan penyakit dan peningkatan lingkungan;  
  5. pengelolaan, pemeliharaan dan penggunaan peralatan Laboratorium Kesehatan Daerah;
  6. pelaporan pemungutan retribusi Laboratorium Kesehatan Daerah; dan
  7. pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Kesehatan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

UPT Akademi Keperawatan

1. TUGAS :

melaksanakan sebagian tugas Dinas Kesehatan dalam mempersiapkan tenaga perawat melalui peyelenggaraan pendidikan keperawatan dengan program diploma III di Kabupaten Gresik.

2. FUNGSI :

  1. pelaksanaan penyusun program dan kegiatan Pengelolaan Akademi Keperawatan;
  2. penyelenggaraan pengelola administrasi Akademi Keperawatan;
  3. penyelenggaraan pendidikan Akademi Keperawatan;
  4. peningkatan kualitas dan kuantitas penyelenggaraan akademi keperawatan;
  5. penyelenggaraan pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana Akademi Keperawatan;
  6. penyelenggaraan penelitian dan pengembangan pengabdian kepada masyarakat secara profesional sesuai dengan tugas dan tanggung jawab perguruan tinggi.
  7. pembinaan dan pelayanan terhadap alumni;
  8. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pengelolaan dan pelayanan Akademi Keperawatan;
  9. pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Kesehatan sesuai dengan bidang tugasnya.


Struktur Organisasi

Susunan Organisasi Dinas Kesehatan terdiri dari:

  1. Kepala Dinas
    •  dr. M. NURUL DHOLAM / Pembina Tk.I (IV/b)
    • Nip. 19621123 198901 1 001
  2. Sekretaris
    • dr. Heny Jasaningsih / Pembina Utama Muda (IV/c)
    • Nip. 19620921 198901 2 001
    1. Sub Bagian Umum & Kepegawaian
      • Enny Kusdiati, S.Sos, MM. / Penata TK.I (III/d)
      • Nip. 19620422 198303 2 016
    2. Sub Bagian Program & Pelaporan
      • Eni Wahyuni, S.K.M / Penata Muda TK. I (III/b)
      • Nip. 19781128 201001 2 001
    3. Sub Bagian Keuangan
      • Titik Rositawati, SE / Penata TK.I (III/d)
      • Nip. 19710307 199503 2 004
  3. Bidang Kesehatan Masyarakat;
    • dr. Ummi Khoiroh / Penata Tk.I  (III/d)
    • Nip. 19740825 200604 2 016
    1. Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat;
      • dr. Yeni Kurniawati / Penata (III/c)
      • NIP. 19771231 201101 2 003
    2. Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat;
      • NUR HIDAYATI, S.Kep. Ners. / Penata TK.I (III/d)
      • Nip. 19600527 198301 2 001
    3. Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga;
      • Anugrahan Heni Satriya, S.K.M / Penata Tk.I (III/d)
      • Nip. 19650618 198901 1 002
  4. Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit;
    • dr. MUKHIBATUL KHUSNAH, M.M. / Pembina (IV/a)
    • Nip. 19680707 200212 2 007
    1. Seksi Surveilans dan Imunisasi;
      • Nur Farida ,SKM,MM.Kes / Penata (III/c)
      • NIP. 19770502 200501 2 015
    2. Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular;
      • Yuhana Haina, S.K.M., M.M.Kes. / Penata TK.I (III/d)
      • Nip. 19640520 198803 2 008
    3. Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Keswa;
      • Muhammad Nukhan, S.K.M, M.M. / Penata Tk.I (III/d)
      • Nip. 19690719 199603 1 006
  5. Bidang Pelayanan Kesehatan;
    • ​drg. Hari Tutik Rahayu / Pembina (IV/a)
    • Nip. 19620424 198910 2 001
    1. Seksi Pelayanan Kesehatan Primer;
      • drg. RATRY RARASASRI / PenataTk. I (III/d)
      • Nip. 19800506 200501 2 007
    2. Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan;
      • MINARTIN, A.Md. Gizi. / Penata (III/c)
      • Nip. 19690606 199503 2 002
    3. Seksi Pelayanan Kesehatan Tradisional;
      • Adi Kinaryo Widodo, S.K.M. / Penata TK.I (III/d)
      • Nip. 19621030 198307 1 001
  6. Bidang Sumber Daya Kesehatan;
    • Rumiyati, S.K.M. / Penata TK.I (III/d)
    • Nip. 19700716 199501 2 002
    1. Seksi Kefarmasian;
      • Sri Hermiyati, S.Si., Apt / Penata Muda TK. I (III/b)
      • Nip. 19680920 200012 2 002
    2. Seksi Alat Kesehatan;
      • SYA’I, S.T. / Penata (III/c)
      • Nip. 19650513 198803 1 017
    3. Seksi Sumber Daya Manusia Kesehatan;
      • Suharijono, S.T / Penata TK.I (III/d)
      • Nip. 19660730 198803 1 009
  7. Kelompok Jabatan Fungsional;
  8. Unit Pelaksana Teknis Dinas.

a.  Kepala UPT Puskesmas Sembayat

  • dr. TITIK ERNAWATI /
  • NIP. 19760903 200701 2 010

b.  Kepala UPT Puskesmas Gending

  • drg. HELENA SUSANA /
  • NIP.19600113 198903 2 001

 

 

 



LELANG   MAIL   SURVEY   PENGADUAN   PETA