home / pemda / dinas / pendidikan

 

DINAS PENDIDIKAN

Alamat : Jl. Arif Rahman hakim No. 2 Gresik

Telp/Fax : (031) 3981315 / (031) 3978404

Email : dispendik@gresikkab.go.id

Website : dispendik.gresikkab.go.id


 

Kepala Dinas Pendidikan

Nama : MAHIN, S.Pd, MM

Pangkat : Pembina Tk. I(IV/b)

NIP : 19610625 198403 1 003

 


Visi:

Tersedianya pendidikan bermutu untuk semua dan berkelanjutan yang dapat melahirkan generasi agamis dan berkehidupan yang berkualitas

Misi:

  1. Mengoptimalkan pembinaan agama sampai pada tataran perilaku ;
  2. Meningkatkan pemerataan dan kualitas pendidikan formal dan non formal;
  3. Mendorong terjadinya peningkatan kualitas sumber daya manusia di lingkungan Dinas Pendidikan;
  4. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan pendidikan.

 


Tugas:

membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pendidikan.

Fungsi:

  1. pelaksanaan pengkoordinasian penyusunan kebijakan dan program urusan di bidang pendidikan;  
  2. pengkoordinasiaan pelaksanaan kebijakan urusan di bidang pendidikan;
  3. pengkoordinasian pelaksanaan pelayanan administrasi urusan di bidang pendidikan;
  4. pengkoordinasian pelaksanan kebijakan urusan di bidang pendidikan;
  5. pengkoordinasian pelaksanan pembinaan dan fasilitasi di bidang pendidikan;
  6. pengkoordinasian pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan urusan di bidang pendidikan;
  7. pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan bidang tugasnya.

 


Struktur Organisasi

Susunan Organisasi Dinas Pendidikan terdiri dari:

  1. Kepala Dinas.
    • MAHIN, S.Pd., M.M / Pembina Tk.I (IV/b)
    • NIP. 19610625 198403 1 003
  2. Sekretaris.
    • Drs.NYR IMAN SHOLEH, M.M./ Pembina Tk. I (IV/b)
    • Nip. 19620304 198803 1 017
  3. Sekretariat, terdiri dari:
    1. Subbagian Umum dan Kepegawaian
      • SUNARTININGSIH, S.Pd / Penata Tk.I (III/d)
      • Nip. 19650325 198702 2 002
    2. Subbagian Program dan Pelaporan;
      • Drs. RONNY A.P, M.Pd / Pembina (IV/a)
      • Nip. 19630426 199003 1 004
    3. Subbagian Keuangan.
      • NANANG HARIAWAN, SE / Penata Muda Tk. I (III/b)
      • NIP. 19710525 199103 1 007
  4. Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan, terdiri dari:
    • Drs. MUKHAMMAD MUKHID, M.Pd/ Pembina (IV/a)
    • Nip. 19690422 199703 1 007
    1. ​Seksi Pendidik;
      • MENTHIK, S.Pd, MM. / Penata Tk.I (III/d)
      • NIP. 19630828 198603 2 015
    2. Seksi Tenaga Pendidikan;
      • Dra. EMI INDRIJANI /  Penata Tk.I (III/d)
      • Nip.  19620214 199003 2 004
    3. Seksi Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan;
      • Dra. LILIK SUHARTI, M.Si. / Pembina (IV/a)
      • Nip. 19660313 198602 2 005
  5. Bidang Pendidikan Dasar, terdiri dari:
    • NUR MASLICHAH, S.Pd., M.M./ Pembina (IV/a)
    • Nip. 19641005 198512 2 002
    1. Seksi Kurikulum Sekolah Dasar;
      • MUHAMMAD ARIFIN, S.Pd / Pembina (IV/a)
      • Nip. 19711019 199802 1 003
    2. Seksi Kurikulum Sekolah Menengah Pertama;
      • Drs.SUGENG ISTANTO / Pembina (IV/a)
      • Nip. 19661103 198703 1 003
    3. Seksi Peningkatan Mutu Siswa;
      • Dra. JUMROH, M.Pd / Pembina Tk. I (IV/b)
      • Nip. 19600105 197907 2 001
  6. Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Non Formal, terdiri dari:
    • Drs. ACH. SHOBIRON / Pembina (IV/a)
    • Nip. 19671108 199310 1 002
    1. Seksi Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini ;
      • Drs. MOH. DJUHARI FAIDI / Pembina (IV/a)
      • Nip. 19611017 198201 1 007
    2. Seksi Kurikulum Pendidikan Non Formal;
      • SITI MARIYAM, S,Pd / Pembina Tk. I (IV/b)
      • Nip. 19610313 198112 2 006
    3. Seksi Peningkatan Mutu Paud dan Non Formal;
      • Drs. RIYANTA / Pembina (IV/a)
      • Nip. 19620420 198504 1 001
  7. Bidang Pengembangan Manajemen Pendidikan, terdiridari:
    • SUWONO, S.Sos. / Penata Tk.I (III/d)
    • Nip. 19630327 199010 1 001
    1. Seksi Manajemen Pendidikan;
      • ALI MAHFUD, S.Pd / Penata (III/c)
      • Nip. 19660326 198602 1 006
    2. Seksi Data dan Informasi;
      • CHOIRUL ARIF, S.Kom / Penata Muda Tk. I (III/b)
      • NIP. 19840510 200901 1 009
    3. Seksi Sarana dan Prasarana;
      • Drs. MAT SALIM / Penata Tk.I (III/d)
      • NIP. 19660515 199803 1 008
  8. Kelompok Jabatan Fungsional.
    1. Unit , terdiri dari :
      1. UPT. Kecamatan Gresik;
        • KASDARI, S.Pd., M.M / Pembina Tk. I (IV/b)
        • NIP. 19650413 198703 1 011
      2. UPT. Kecamatan Kebomas;
        • Dra. SUHARTINI, M.Pd / Pembina Tk. I (IV/b)
        • NIP. 19620417 198303 2 011
      3. UPT. Kecamatan Manyar;
        • SITI KHOIRIYAH, S.Pd., M.Pd. / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19600209 198201 2 007
      4. UPT. Kecamatan Cerme;
        • Dra. EKO DINIATI / Pembina Utama (IV/c)
        • NIP. 19620429 198702 2 001
      5. UPT. Kecamatan Duduk Sampeyan;
        • SOLIKIN, S.Pd. / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19630930 198803 1 006
      6. UPT. Kecamatan Benjeng;
        • ISMIATI, S.Pd., M.Si. / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19650527 198512 2 001
      7. UPT. Kecamatan Balongpanggang;
        • SUGENG, S.Pd. / Pembina (IV/a)
        • Nip. 19630630 198511 1 001
      8. UPT. Kecamatan Driyorejo;
        • Drs. SUGIARTO, M.Pd. / Pembina Tk. I (IV/b)
        • NIP. 19650204 198606 1 001
      9. UPT. Kecamatan Wringinanom;
        • SISWOTO, S.Pd. / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19631225 198606 1 001
      10. UPT. Kecamatan Menganti;
        • SUPRIYADI, S.Pd., M.Si / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19710618 199506 1 001
      11. UPT. Kecamatan Kedamean;
        • Drs. SUPRANOWO / Pembina Tk. I (IV/b)
        • NIP. 19600415 198112 1 003
      12. UPT. Kecamatan Sidayu;
        • MAT UDI, S.Pd., M.M / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19670907 198602 1 001
      13. UPT. Kecamatan Bungah;
        • Drs. MOH. MUNAWIR / Pembina Tk. I (IV/b)
        • NIP. 19640608 198504 1 001
      14. UPT. Kecamatan Dukun;
        • BISYRI, S.Pd., M.Si / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19640312 198904 1 002
      15. UPT. Kecamatan Ujungpangkah;
        • YUNAN NASUTION, S.Pd / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19720404 199304 1 001
      16. UPT. Kecamatan Panceng;
        • Dra. MISRIAH / Penata (III/c)
        • NIP. 19680501 200801 2 016
      17. UPT. Kecamatan Sangkapura;
        • HAZIN, S.Pd / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19660523 199303 1 011
      18. UPT. Kecamatan Tambak;
        • MAHFUDZ, S.Pd., M.M. / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19660712 198904 1 001
      19. UPT. Sanggar Kegiatan Belajar;
        • SUKINO, S.E / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19610419 198403 1 005
      20. UPT. Teknik Resource Center;
        • INNIK NIKMATIN, S.Pd., M.Pd.I. / Pembina Tk. I (IV/b)
        • NIP. 19651011 199303 2 005

 


TUGAS UPT :

Kepala UPT mempunyai tugas membantu Kepala Dinas atau Kepala Badan dalam melaksanakan tugas teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang yang mempunyai wilayah kerja1(satu) atau beberapa kecamatan.

 

FUNGSI UPT :

Kepala UPT Dinas atau Badan, menyelenggarakan fungsi:

  1. pelaksanaan koordinasi tugas teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya;
  2. penyusunan usulan bahan kebijakan dan perencanaan program dan kegiatan;  
  3. pelaksanaan kebijakan teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya;
  4. pelaksanaan pelayanan administrasi teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya;
  5. pelaksanaan pengendalian kegiatan dan kebijakan teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya;
  6. pelaksanan pembinaan dan fasilitasi kegiatan dan kebijakan teknis teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya;
  7. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan dan kebijakan teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya; dan
  8. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas atau Badan yang membidangi  sesuai dengan bidang tugasnya.

 

UPT Wilayah Tertentu

1. TUGAS :

mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas teknis operasional Dinas Pendidikan yang berada di wilayah Kecamatan.

2. FUNGSI :

  1. pelayanan tugas-tugas administrasi dan ketatausahaan;
  2. pengelolaan dan penganalisaan data pendidikan di wilayah kecamatan;
  3. pelaksanaan pelayanan administrasi kepegawaian tenaga teknis, non teknis dan fungsional;
  4. pelaksanaan pembinaan, pengawasan, dan penilaian kegiatan penyelenggaraan pendidikan formal, non formal, dan informal;
  5. pemantauan terhadap pemanfaatan, pemeliharaan, perbaikan/rehabilitasi gedung dan sarana prasarana pendidikan; dan
  6. pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Pendidikan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

UPT Satuan Pendidikan Non FormalSanggar Kegiatan Belajar  

1. TUGAS :

mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Pendidikan dalam menyelenggarakan satuan pendidikan non formal di bidang kelompok balajar Paket A, Paket B dan Paket C.

2. FUNGSI :

  1. pelaksanaan penyusun program dan kegiatan satuan pendidikan non formal Sanggar Kegiatan Belajar kelompok balajar Paket A, Paket B dan Paket C;
  2. penyelenggaraan pengelolaan dan pemberdayaan satuan pendidikan non formal Sanggar Kegiatan Belajar kelompok balajar Paket A, Paket B dan Paket C;
  3. pengembangan kapasitas dan kualitas satuan pendidikan non formal Sanggar Kegiatan Belajar kelompok balajar Paket A, Paket B dan Paket C;
  4. peningkatan kualitas tenaga pendidik dan pengembangan sistem pembelajaran satuan pendidikan non formal Sanggar Kegiatan Belajar kelompok balajar Paket A, Paket B dan Paket C;
  5. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pengelolaan  satuan pendidikan non formal Sanggar Kegiatan Belajar kelompok balajar Paket A, Paket B dan Paket C;
  6. pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Pendidikan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

UPT Resource Centre 

1. TUGAS :

melaksanakan sebagian tugas Dinas Pendidikan dalam memberikan dukungan bagi anak berkebutuhan khusus dalam sistem layanan pendidikan, advokasi dan aktualisasi diri dimanapun anak berada serta layanan terhadap masyarakat dan lembaga lain yang memerlukan.

2. FUNGSI :

  1. pelaksanaan penyusunan program dan kegiatan dalam memberikan dukungan anak berkebutuhan khusus, sistem layanan pendidikan, advokasi, aktualisasi diri, dan layanan terhadap masyarakat maupun lembaga;
  2. pelaksanaan penghimpunan bahan dalam penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria dalam memberikan dukungan anak berkebutuhan khusus, sistem layanan pendidikan, advokasi, aktualisasi diri, dan layanan terhadap masyarakat maupun lembaga;
  3. pelaksanaan kebijakan, program, dan kegiatan dalam memberikan dukungan anak berkebutuhan khusus, sistem layanan pendidikan, advokasi, aktualisasi diri, dan layanan terhadap masyarakat maupun lembaga;
  4. pengembangan kapasitas dan kualitas dalam rangka memberikan dukungan anak berkebutuhan khusus, sistem layanan pendidikan, advokasi, aktualisasi diri, dan layanan terhadap masyarakat maupun lembaga;
  5. pelaksanaan evaluasi, monitoring, pelaporan dan pengawasan dalam pelaksanaan program dan kegiatan pemberian layanan dukungan anak berkebutuhan khusus, sistem layanan pendidikan, advokasi, aktualisasi diri, dan layanan terhadap masyarakat maupun lembaga; dan
  6. pelaksanaan tugas dinas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Pendidikan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

 

 

 

Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Gresik
Copyright © 2017 Dinas Komunikasi dan Informatika
Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 60 Telp. 0313975454




home / pemda / dinas / pendidikan

 

DINAS PENDIDIKAN

Alamat : Jl. Arif Rahman hakim No. 2 Gresik

Telp/Fax : (031) 3981315 / (031) 3978404

Email : dispendik@gresikkab.go.id

Website : dispendik.gresikkab.go.id


 

Kepala Dinas Pendidikan

Nama : MAHIN, S.Pd, MM

Pangkat : Pembina Tk. I(IV/b)

NIP : 19610625 198403 1 003

 


Visi:

Tersedianya pendidikan bermutu untuk semua dan berkelanjutan yang dapat melahirkan generasi agamis dan berkehidupan yang berkualitas

Misi:

  1. Mengoptimalkan pembinaan agama sampai pada tataran perilaku ;
  2. Meningkatkan pemerataan dan kualitas pendidikan formal dan non formal;
  3. Mendorong terjadinya peningkatan kualitas sumber daya manusia di lingkungan Dinas Pendidikan;
  4. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan pendidikan.

 


Tugas:

membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pendidikan.

Fungsi:

  1. pelaksanaan pengkoordinasian penyusunan kebijakan dan program urusan di bidang pendidikan;  
  2. pengkoordinasiaan pelaksanaan kebijakan urusan di bidang pendidikan;
  3. pengkoordinasian pelaksanaan pelayanan administrasi urusan di bidang pendidikan;
  4. pengkoordinasian pelaksanan kebijakan urusan di bidang pendidikan;
  5. pengkoordinasian pelaksanan pembinaan dan fasilitasi di bidang pendidikan;
  6. pengkoordinasian pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan urusan di bidang pendidikan;
  7. pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan bidang tugasnya.

 


Struktur Organisasi

Susunan Organisasi Dinas Pendidikan terdiri dari:

  1. Kepala Dinas.
    • MAHIN, S.Pd., M.M / Pembina Tk.I (IV/b)
    • NIP. 19610625 198403 1 003
  2. Sekretaris.
    • Drs.NYR IMAN SHOLEH, M.M./ Pembina Tk. I (IV/b)
    • Nip. 19620304 198803 1 017
  3. Sekretariat, terdiri dari:
    1. Subbagian Umum dan Kepegawaian
      • SUNARTININGSIH, S.Pd / Penata Tk.I (III/d)
      • Nip. 19650325 198702 2 002
    2. Subbagian Program dan Pelaporan;
      • Drs. RONNY A.P, M.Pd / Pembina (IV/a)
      • Nip. 19630426 199003 1 004
    3. Subbagian Keuangan.
      • NANANG HARIAWAN, SE / Penata Muda Tk. I (III/b)
      • NIP. 19710525 199103 1 007
  4. Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan, terdiri dari:
    • Drs. MUKHAMMAD MUKHID, M.Pd/ Pembina (IV/a)
    • Nip. 19690422 199703 1 007
    1. ​Seksi Pendidik;
      • MENTHIK, S.Pd, MM. / Penata Tk.I (III/d)
      • NIP. 19630828 198603 2 015
    2. Seksi Tenaga Pendidikan;
      • Dra. EMI INDRIJANI /  Penata Tk.I (III/d)
      • Nip.  19620214 199003 2 004
    3. Seksi Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan;
      • Dra. LILIK SUHARTI, M.Si. / Pembina (IV/a)
      • Nip. 19660313 198602 2 005
  5. Bidang Pendidikan Dasar, terdiri dari:
    • NUR MASLICHAH, S.Pd., M.M./ Pembina (IV/a)
    • Nip. 19641005 198512 2 002
    1. Seksi Kurikulum Sekolah Dasar;
      • MUHAMMAD ARIFIN, S.Pd / Pembina (IV/a)
      • Nip. 19711019 199802 1 003
    2. Seksi Kurikulum Sekolah Menengah Pertama;
      • Drs.SUGENG ISTANTO / Pembina (IV/a)
      • Nip. 19661103 198703 1 003
    3. Seksi Peningkatan Mutu Siswa;
      • Dra. JUMROH, M.Pd / Pembina Tk. I (IV/b)
      • Nip. 19600105 197907 2 001
  6. Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Non Formal, terdiri dari:
    • Drs. ACH. SHOBIRON / Pembina (IV/a)
    • Nip. 19671108 199310 1 002
    1. Seksi Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini ;
      • Drs. MOH. DJUHARI FAIDI / Pembina (IV/a)
      • Nip. 19611017 198201 1 007
    2. Seksi Kurikulum Pendidikan Non Formal;
      • SITI MARIYAM, S,Pd / Pembina Tk. I (IV/b)
      • Nip. 19610313 198112 2 006
    3. Seksi Peningkatan Mutu Paud dan Non Formal;
      • Drs. RIYANTA / Pembina (IV/a)
      • Nip. 19620420 198504 1 001
  7. Bidang Pengembangan Manajemen Pendidikan, terdiridari:
    • SUWONO, S.Sos. / Penata Tk.I (III/d)
    • Nip. 19630327 199010 1 001
    1. Seksi Manajemen Pendidikan;
      • ALI MAHFUD, S.Pd / Penata (III/c)
      • Nip. 19660326 198602 1 006
    2. Seksi Data dan Informasi;
      • CHOIRUL ARIF, S.Kom / Penata Muda Tk. I (III/b)
      • NIP. 19840510 200901 1 009
    3. Seksi Sarana dan Prasarana;
      • Drs. MAT SALIM / Penata Tk.I (III/d)
      • NIP. 19660515 199803 1 008
  8. Kelompok Jabatan Fungsional.
    1. Unit , terdiri dari :
      1. UPT. Kecamatan Gresik;
        • KASDARI, S.Pd., M.M / Pembina Tk. I (IV/b)
        • NIP. 19650413 198703 1 011
      2. UPT. Kecamatan Kebomas;
        • Dra. SUHARTINI, M.Pd / Pembina Tk. I (IV/b)
        • NIP. 19620417 198303 2 011
      3. UPT. Kecamatan Manyar;
        • SITI KHOIRIYAH, S.Pd., M.Pd. / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19600209 198201 2 007
      4. UPT. Kecamatan Cerme;
        • Dra. EKO DINIATI / Pembina Utama (IV/c)
        • NIP. 19620429 198702 2 001
      5. UPT. Kecamatan Duduk Sampeyan;
        • SOLIKIN, S.Pd. / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19630930 198803 1 006
      6. UPT. Kecamatan Benjeng;
        • ISMIATI, S.Pd., M.Si. / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19650527 198512 2 001
      7. UPT. Kecamatan Balongpanggang;
        • SUGENG, S.Pd. / Pembina (IV/a)
        • Nip. 19630630 198511 1 001
      8. UPT. Kecamatan Driyorejo;
        • Drs. SUGIARTO, M.Pd. / Pembina Tk. I (IV/b)
        • NIP. 19650204 198606 1 001
      9. UPT. Kecamatan Wringinanom;
        • SISWOTO, S.Pd. / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19631225 198606 1 001
      10. UPT. Kecamatan Menganti;
        • SUPRIYADI, S.Pd., M.Si / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19710618 199506 1 001
      11. UPT. Kecamatan Kedamean;
        • Drs. SUPRANOWO / Pembina Tk. I (IV/b)
        • NIP. 19600415 198112 1 003
      12. UPT. Kecamatan Sidayu;
        • MAT UDI, S.Pd., M.M / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19670907 198602 1 001
      13. UPT. Kecamatan Bungah;
        • Drs. MOH. MUNAWIR / Pembina Tk. I (IV/b)
        • NIP. 19640608 198504 1 001
      14. UPT. Kecamatan Dukun;
        • BISYRI, S.Pd., M.Si / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19640312 198904 1 002
      15. UPT. Kecamatan Ujungpangkah;
        • YUNAN NASUTION, S.Pd / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19720404 199304 1 001
      16. UPT. Kecamatan Panceng;
        • Dra. MISRIAH / Penata (III/c)
        • NIP. 19680501 200801 2 016
      17. UPT. Kecamatan Sangkapura;
        • HAZIN, S.Pd / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19660523 199303 1 011
      18. UPT. Kecamatan Tambak;
        • MAHFUDZ, S.Pd., M.M. / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19660712 198904 1 001
      19. UPT. Sanggar Kegiatan Belajar;
        • SUKINO, S.E / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19610419 198403 1 005
      20. UPT. Teknik Resource Center;
        • INNIK NIKMATIN, S.Pd., M.Pd.I. / Pembina Tk. I (IV/b)
        • NIP. 19651011 199303 2 005

 


TUGAS UPT :

Kepala UPT mempunyai tugas membantu Kepala Dinas atau Kepala Badan dalam melaksanakan tugas teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang yang mempunyai wilayah kerja1(satu) atau beberapa kecamatan.

 

FUNGSI UPT :

Kepala UPT Dinas atau Badan, menyelenggarakan fungsi:

  1. pelaksanaan koordinasi tugas teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya;
  2. penyusunan usulan bahan kebijakan dan perencanaan program dan kegiatan;  
  3. pelaksanaan kebijakan teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya;
  4. pelaksanaan pelayanan administrasi teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya;
  5. pelaksanaan pengendalian kegiatan dan kebijakan teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya;
  6. pelaksanan pembinaan dan fasilitasi kegiatan dan kebijakan teknis teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya;
  7. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan dan kebijakan teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya; dan
  8. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas atau Badan yang membidangi  sesuai dengan bidang tugasnya.

 

UPT Wilayah Tertentu

1. TUGAS :

mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas teknis operasional Dinas Pendidikan yang berada di wilayah Kecamatan.

2. FUNGSI :

  1. pelayanan tugas-tugas administrasi dan ketatausahaan;
  2. pengelolaan dan penganalisaan data pendidikan di wilayah kecamatan;
  3. pelaksanaan pelayanan administrasi kepegawaian tenaga teknis, non teknis dan fungsional;
  4. pelaksanaan pembinaan, pengawasan, dan penilaian kegiatan penyelenggaraan pendidikan formal, non formal, dan informal;
  5. pemantauan terhadap pemanfaatan, pemeliharaan, perbaikan/rehabilitasi gedung dan sarana prasarana pendidikan; dan
  6. pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Pendidikan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

UPT Satuan Pendidikan Non FormalSanggar Kegiatan Belajar  

1. TUGAS :

mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Pendidikan dalam menyelenggarakan satuan pendidikan non formal di bidang kelompok balajar Paket A, Paket B dan Paket C.

2. FUNGSI :

  1. pelaksanaan penyusun program dan kegiatan satuan pendidikan non formal Sanggar Kegiatan Belajar kelompok balajar Paket A, Paket B dan Paket C;
  2. penyelenggaraan pengelolaan dan pemberdayaan satuan pendidikan non formal Sanggar Kegiatan Belajar kelompok balajar Paket A, Paket B dan Paket C;
  3. pengembangan kapasitas dan kualitas satuan pendidikan non formal Sanggar Kegiatan Belajar kelompok balajar Paket A, Paket B dan Paket C;
  4. peningkatan kualitas tenaga pendidik dan pengembangan sistem pembelajaran satuan pendidikan non formal Sanggar Kegiatan Belajar kelompok balajar Paket A, Paket B dan Paket C;
  5. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pengelolaan  satuan pendidikan non formal Sanggar Kegiatan Belajar kelompok balajar Paket A, Paket B dan Paket C;
  6. pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Pendidikan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

UPT Resource Centre 

1. TUGAS :

melaksanakan sebagian tugas Dinas Pendidikan dalam memberikan dukungan bagi anak berkebutuhan khusus dalam sistem layanan pendidikan, advokasi dan aktualisasi diri dimanapun anak berada serta layanan terhadap masyarakat dan lembaga lain yang memerlukan.

2. FUNGSI :

  1. pelaksanaan penyusunan program dan kegiatan dalam memberikan dukungan anak berkebutuhan khusus, sistem layanan pendidikan, advokasi, aktualisasi diri, dan layanan terhadap masyarakat maupun lembaga;
  2. pelaksanaan penghimpunan bahan dalam penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria dalam memberikan dukungan anak berkebutuhan khusus, sistem layanan pendidikan, advokasi, aktualisasi diri, dan layanan terhadap masyarakat maupun lembaga;
  3. pelaksanaan kebijakan, program, dan kegiatan dalam memberikan dukungan anak berkebutuhan khusus, sistem layanan pendidikan, advokasi, aktualisasi diri, dan layanan terhadap masyarakat maupun lembaga;
  4. pengembangan kapasitas dan kualitas dalam rangka memberikan dukungan anak berkebutuhan khusus, sistem layanan pendidikan, advokasi, aktualisasi diri, dan layanan terhadap masyarakat maupun lembaga;
  5. pelaksanaan evaluasi, monitoring, pelaporan dan pengawasan dalam pelaksanaan program dan kegiatan pemberian layanan dukungan anak berkebutuhan khusus, sistem layanan pendidikan, advokasi, aktualisasi diri, dan layanan terhadap masyarakat maupun lembaga; dan
  6. pelaksanaan tugas dinas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Pendidikan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

 

 

home / pemda / dinas / pendidikan

 

DINAS PENDIDIKAN

Alamat : Jl. Arif Rahman hakim No. 2 Gresik

Telp/Fax : (031) 3981315 / (031) 3978404

Email : dispendik@gresikkab.go.id

Website : dispendik.gresikkab.go.id


 

Kepala Dinas Pendidikan

Nama : MAHIN, S.Pd, MM

Pangkat : Pembina Tk. I(IV/b)

NIP : 19610625 198403 1 003

 


Visi:

Tersedianya pendidikan bermutu untuk semua dan berkelanjutan yang dapat melahirkan generasi agamis dan berkehidupan yang berkualitas

Misi:

  1. Mengoptimalkan pembinaan agama sampai pada tataran perilaku ;
  2. Meningkatkan pemerataan dan kualitas pendidikan formal dan non formal;
  3. Mendorong terjadinya peningkatan kualitas sumber daya manusia di lingkungan Dinas Pendidikan;
  4. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan pendidikan.

 


Tugas:

membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pendidikan.

Fungsi:

  1. pelaksanaan pengkoordinasian penyusunan kebijakan dan program urusan di bidang pendidikan;  
  2. pengkoordinasiaan pelaksanaan kebijakan urusan di bidang pendidikan;
  3. pengkoordinasian pelaksanaan pelayanan administrasi urusan di bidang pendidikan;
  4. pengkoordinasian pelaksanan kebijakan urusan di bidang pendidikan;
  5. pengkoordinasian pelaksanan pembinaan dan fasilitasi di bidang pendidikan;
  6. pengkoordinasian pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan urusan di bidang pendidikan;
  7. pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan bidang tugasnya.

 


Struktur Organisasi

Susunan Organisasi Dinas Pendidikan terdiri dari:

  1. Kepala Dinas.
    • MAHIN, S.Pd., M.M / Pembina Tk.I (IV/b)
    • NIP. 19610625 198403 1 003
  2. Sekretaris.
    • Drs.NYR IMAN SHOLEH, M.M./ Pembina Tk. I (IV/b)
    • Nip. 19620304 198803 1 017
  3. Sekretariat, terdiri dari:
    1. Subbagian Umum dan Kepegawaian
      • SUNARTININGSIH, S.Pd / Penata Tk.I (III/d)
      • Nip. 19650325 198702 2 002
    2. Subbagian Program dan Pelaporan;
      • Drs. RONNY A.P, M.Pd / Pembina (IV/a)
      • Nip. 19630426 199003 1 004
    3. Subbagian Keuangan.
      • NANANG HARIAWAN, SE / Penata Muda Tk. I (III/b)
      • NIP. 19710525 199103 1 007
  4. Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan, terdiri dari:
    • Drs. MUKHAMMAD MUKHID, M.Pd/ Pembina (IV/a)
    • Nip. 19690422 199703 1 007
    1. ​Seksi Pendidik;
      • MENTHIK, S.Pd, MM. / Penata Tk.I (III/d)
      • NIP. 19630828 198603 2 015
    2. Seksi Tenaga Pendidikan;
      • Dra. EMI INDRIJANI /  Penata Tk.I (III/d)
      • Nip.  19620214 199003 2 004
    3. Seksi Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan;
      • Dra. LILIK SUHARTI, M.Si. / Pembina (IV/a)
      • Nip. 19660313 198602 2 005
  5. Bidang Pendidikan Dasar, terdiri dari:
    • NUR MASLICHAH, S.Pd., M.M./ Pembina (IV/a)
    • Nip. 19641005 198512 2 002
    1. Seksi Kurikulum Sekolah Dasar;
      • MUHAMMAD ARIFIN, S.Pd / Pembina (IV/a)
      • Nip. 19711019 199802 1 003
    2. Seksi Kurikulum Sekolah Menengah Pertama;
      • Drs.SUGENG ISTANTO / Pembina (IV/a)
      • Nip. 19661103 198703 1 003
    3. Seksi Peningkatan Mutu Siswa;
      • Dra. JUMROH, M.Pd / Pembina Tk. I (IV/b)
      • Nip. 19600105 197907 2 001
  6. Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Non Formal, terdiri dari:
    • Drs. ACH. SHOBIRON / Pembina (IV/a)
    • Nip. 19671108 199310 1 002
    1. Seksi Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini ;
      • Drs. MOH. DJUHARI FAIDI / Pembina (IV/a)
      • Nip. 19611017 198201 1 007
    2. Seksi Kurikulum Pendidikan Non Formal;
      • SITI MARIYAM, S,Pd / Pembina Tk. I (IV/b)
      • Nip. 19610313 198112 2 006
    3. Seksi Peningkatan Mutu Paud dan Non Formal;
      • Drs. RIYANTA / Pembina (IV/a)
      • Nip. 19620420 198504 1 001
  7. Bidang Pengembangan Manajemen Pendidikan, terdiridari:
    • SUWONO, S.Sos. / Penata Tk.I (III/d)
    • Nip. 19630327 199010 1 001
    1. Seksi Manajemen Pendidikan;
      • ALI MAHFUD, S.Pd / Penata (III/c)
      • Nip. 19660326 198602 1 006
    2. Seksi Data dan Informasi;
      • CHOIRUL ARIF, S.Kom / Penata Muda Tk. I (III/b)
      • NIP. 19840510 200901 1 009
    3. Seksi Sarana dan Prasarana;
      • Drs. MAT SALIM / Penata Tk.I (III/d)
      • NIP. 19660515 199803 1 008
  8. Kelompok Jabatan Fungsional.
    1. Unit , terdiri dari :
      1. UPT. Kecamatan Gresik;
        • KASDARI, S.Pd., M.M / Pembina Tk. I (IV/b)
        • NIP. 19650413 198703 1 011
      2. UPT. Kecamatan Kebomas;
        • Dra. SUHARTINI, M.Pd / Pembina Tk. I (IV/b)
        • NIP. 19620417 198303 2 011
      3. UPT. Kecamatan Manyar;
        • SITI KHOIRIYAH, S.Pd., M.Pd. / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19600209 198201 2 007
      4. UPT. Kecamatan Cerme;
        • Dra. EKO DINIATI / Pembina Utama (IV/c)
        • NIP. 19620429 198702 2 001
      5. UPT. Kecamatan Duduk Sampeyan;
        • SOLIKIN, S.Pd. / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19630930 198803 1 006
      6. UPT. Kecamatan Benjeng;
        • ISMIATI, S.Pd., M.Si. / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19650527 198512 2 001
      7. UPT. Kecamatan Balongpanggang;
        • SUGENG, S.Pd. / Pembina (IV/a)
        • Nip. 19630630 198511 1 001
      8. UPT. Kecamatan Driyorejo;
        • Drs. SUGIARTO, M.Pd. / Pembina Tk. I (IV/b)
        • NIP. 19650204 198606 1 001
      9. UPT. Kecamatan Wringinanom;
        • SISWOTO, S.Pd. / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19631225 198606 1 001
      10. UPT. Kecamatan Menganti;
        • SUPRIYADI, S.Pd., M.Si / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19710618 199506 1 001
      11. UPT. Kecamatan Kedamean;
        • Drs. SUPRANOWO / Pembina Tk. I (IV/b)
        • NIP. 19600415 198112 1 003
      12. UPT. Kecamatan Sidayu;
        • MAT UDI, S.Pd., M.M / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19670907 198602 1 001
      13. UPT. Kecamatan Bungah;
        • Drs. MOH. MUNAWIR / Pembina Tk. I (IV/b)
        • NIP. 19640608 198504 1 001
      14. UPT. Kecamatan Dukun;
        • BISYRI, S.Pd., M.Si / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19640312 198904 1 002
      15. UPT. Kecamatan Ujungpangkah;
        • YUNAN NASUTION, S.Pd / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19720404 199304 1 001
      16. UPT. Kecamatan Panceng;
        • Dra. MISRIAH / Penata (III/c)
        • NIP. 19680501 200801 2 016
      17. UPT. Kecamatan Sangkapura;
        • HAZIN, S.Pd / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19660523 199303 1 011
      18. UPT. Kecamatan Tambak;
        • MAHFUDZ, S.Pd., M.M. / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19660712 198904 1 001
      19. UPT. Sanggar Kegiatan Belajar;
        • SUKINO, S.E / Pembina (IV/a)
        • NIP. 19610419 198403 1 005
      20. UPT. Teknik Resource Center;
        • INNIK NIKMATIN, S.Pd., M.Pd.I. / Pembina Tk. I (IV/b)
        • NIP. 19651011 199303 2 005

 


TUGAS UPT :

Kepala UPT mempunyai tugas membantu Kepala Dinas atau Kepala Badan dalam melaksanakan tugas teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang yang mempunyai wilayah kerja1(satu) atau beberapa kecamatan.

 

FUNGSI UPT :

Kepala UPT Dinas atau Badan, menyelenggarakan fungsi:

  1. pelaksanaan koordinasi tugas teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya;
  2. penyusunan usulan bahan kebijakan dan perencanaan program dan kegiatan;  
  3. pelaksanaan kebijakan teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya;
  4. pelaksanaan pelayanan administrasi teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya;
  5. pelaksanaan pengendalian kegiatan dan kebijakan teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya;
  6. pelaksanan pembinaan dan fasilitasi kegiatan dan kebijakan teknis teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya;
  7. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan dan kebijakan teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya; dan
  8. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas atau Badan yang membidangi  sesuai dengan bidang tugasnya.

 

UPT Wilayah Tertentu

1. TUGAS :

mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas teknis operasional Dinas Pendidikan yang berada di wilayah Kecamatan.

2. FUNGSI :

  1. pelayanan tugas-tugas administrasi dan ketatausahaan;
  2. pengelolaan dan penganalisaan data pendidikan di wilayah kecamatan;
  3. pelaksanaan pelayanan administrasi kepegawaian tenaga teknis, non teknis dan fungsional;
  4. pelaksanaan pembinaan, pengawasan, dan penilaian kegiatan penyelenggaraan pendidikan formal, non formal, dan informal;
  5. pemantauan terhadap pemanfaatan, pemeliharaan, perbaikan/rehabilitasi gedung dan sarana prasarana pendidikan; dan
  6. pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Pendidikan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

UPT Satuan Pendidikan Non FormalSanggar Kegiatan Belajar  

1. TUGAS :

mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Pendidikan dalam menyelenggarakan satuan pendidikan non formal di bidang kelompok balajar Paket A, Paket B dan Paket C.

2. FUNGSI :

  1. pelaksanaan penyusun program dan kegiatan satuan pendidikan non formal Sanggar Kegiatan Belajar kelompok balajar Paket A, Paket B dan Paket C;
  2. penyelenggaraan pengelolaan dan pemberdayaan satuan pendidikan non formal Sanggar Kegiatan Belajar kelompok balajar Paket A, Paket B dan Paket C;
  3. pengembangan kapasitas dan kualitas satuan pendidikan non formal Sanggar Kegiatan Belajar kelompok balajar Paket A, Paket B dan Paket C;
  4. peningkatan kualitas tenaga pendidik dan pengembangan sistem pembelajaran satuan pendidikan non formal Sanggar Kegiatan Belajar kelompok balajar Paket A, Paket B dan Paket C;
  5. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pengelolaan  satuan pendidikan non formal Sanggar Kegiatan Belajar kelompok balajar Paket A, Paket B dan Paket C;
  6. pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Pendidikan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

UPT Resource Centre 

1. TUGAS :

melaksanakan sebagian tugas Dinas Pendidikan dalam memberikan dukungan bagi anak berkebutuhan khusus dalam sistem layanan pendidikan, advokasi dan aktualisasi diri dimanapun anak berada serta layanan terhadap masyarakat dan lembaga lain yang memerlukan.

2. FUNGSI :

  1. pelaksanaan penyusunan program dan kegiatan dalam memberikan dukungan anak berkebutuhan khusus, sistem layanan pendidikan, advokasi, aktualisasi diri, dan layanan terhadap masyarakat maupun lembaga;
  2. pelaksanaan penghimpunan bahan dalam penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria dalam memberikan dukungan anak berkebutuhan khusus, sistem layanan pendidikan, advokasi, aktualisasi diri, dan layanan terhadap masyarakat maupun lembaga;
  3. pelaksanaan kebijakan, program, dan kegiatan dalam memberikan dukungan anak berkebutuhan khusus, sistem layanan pendidikan, advokasi, aktualisasi diri, dan layanan terhadap masyarakat maupun lembaga;
  4. pengembangan kapasitas dan kualitas dalam rangka memberikan dukungan anak berkebutuhan khusus, sistem layanan pendidikan, advokasi, aktualisasi diri, dan layanan terhadap masyarakat maupun lembaga;
  5. pelaksanaan evaluasi, monitoring, pelaporan dan pengawasan dalam pelaksanaan program dan kegiatan pemberian layanan dukungan anak berkebutuhan khusus, sistem layanan pendidikan, advokasi, aktualisasi diri, dan layanan terhadap masyarakat maupun lembaga; dan
  6. pelaksanaan tugas dinas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Pendidikan sesuai dengan bidang tugasnya.