home / profil /  penghargaan

 

 

Penghargaan

 

Pemerintah Kabupaten Gresik telah memperoleh berbagai macam penghargaan baik tingkat provinsi, nasional maupun internasional, dan semua keberhasilan itu tidak luput dari andil para warga masyarakat Kabupaten Gresik. Prestasi-prestasi penting yang dicapai Kabupaten Gresik tiap tahun adalah:


 

 

Satu lagi penghargaan yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten Gresik. Penghargaan tersebut adalah Indonesia’s Attractiveness Award 2016. Dalam perhelatan kali ini, Gresik berhasil menyabet sebagai kabupaten terbaik dengan indeks diatas rata-rata yakni 78,54 bersama 24 kabupaten yang terbaik yang dipilih.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur kepada Bupati Gresik Dr. Ir. H. Sambari Halim Radianto,ST.M.Si, Kamis (22/9) malam di Ballroom Hotel Mulia Senayan, Jakarta.

 

 

Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto menerima penghargaan tingkat provinsi Jawa Timur. Kali ini saat puncak peringatan HUT Provinsi Jatim ke 71, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (12/10), Bupati Sambari menerima 2 penghargaan sekaligus dari Gubernur Jawa Timur, Sukarwo. Penerimaan 2 piagam penghargaan yaitu anugerah Kabupaten Gresik sebagai Kabupaten Sehat empat tahapan, swasti saba wiwerda (Gresik Kabupaten Sehat Tingkat Lanjutan) serta Desa Tangguh bencana bidang partisipasi kategori utama.

 

 

Sukses Kabupaten Gresik dibidang Informasi dan Telekomunikasi, PT Telkom memberikan penghargaan Smart City Nusantara untuk Pemerintah Kabupaten Gresik. Penghargaan Nasional ini diserah terimakan oleh Operation Senior Manager (OSM) Regional Enterprise Govermer & Bisnis Service Wiayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, Imam Muncar  kepada Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto yang didampingi oleh Wakil Bupati Gresik Dr. Mohammad Qosim, Senin 29 Agustus 2016.

 

 

Penghargaan Swasti Saba Padapa (Program Gresik sehat) dan Penghargaan Manggala Karya Bhakti Husada

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik meraih dua penghargaan tingkat nasional di bidang kesehatan dari Kementerian Kesehatan. Penghargaan tersebut yaitu Swasti Saba Padapa untuk program Gresik Sehat dan Manggala Karya Bakti Husada untuk program prioritas kesehatan dalam APBD Gresik, penghargaan diberikan karena Gresik memprioritaskan program kesehatan dalam APBD. Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek kepada Penjabat Bupati Gresik Dr Akmal Boedianto di Gedung Bidakara, Jakarta pada 30 November 2015.

 

 

Penghargaan peringkat I Investment Award. (kategori kelembagaan)

Penghargaan ini merupakan salah satu ukuran keberhasilan investasi di Gresik, khususnya bidang kelembagaan. Kabupaten Gresik meraih penghargaan investasi terbaik di bidang kelembagaan atau Investment Award 2015 dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin 26 Oktober 2015.

 

 

Juara I Nasional LSS (TK Negeri Pembina)

Kabupaten Gresik menerima piala juara 1 Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Nasional, sebagai sekolah kinerja terbaik (Best Performance) TK Negri Pembina Kab. Gresik. Penerimaan penghargaan ini diterimakan langsung oleh Dirjen Pendidikan dasar dan menengah kementrian pendidikan dan kebudayaan Hamid Mohammad, di Hotel Bumi Wiyata Depok Jawa Barat, 16 Agustus 2015 pada acara penganugerahan Pemenang Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional. 

 

 

Satya lancana Pembangunan (bid KB)

Kepesertaan KB aktif saat ini mencapai 71,90% melebihi angka persentase nasional yang saat ini hanya 65%. Atas sukses program KB tersebut, Presiden Joko Widodo menyematkan penghargaan Satya Lencana Pembangunan Bidang Kependudukan 2015 kepada Bupati Gresik Dr. Ir. H. Sambari Halim Radianto, M.Si. Penyematan dilaksanakan bertepatan peringatan Hari Keluarga Nasional XXII tahun 2015 di Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang Selatan. 

 

 

 

Juara I PHBS (mojopetung) Kec Dukun

Desa Mojopetung, Kecamatan Dukun menjadi desa terbaik lomba perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) tingkat Provinsi Jawa Timur dengan menyisihkan 38 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Keberhasilan ini tak lepas dari peran PKK desa, Kecamatan maupun Kabupaten. Terlebih partisipasi dan motivasi masyarakat yang tinggi untuk mengubah pola hidup bersih dan sehat.

 

 

Adiwiyata Mandiri

Adiwiyata Mandiri merupakan salah satu penghargaan lingkungan hidup yang diberikan oleh Kementrian Lingkungan Hidup kepada sekolah-sekolah di Indonesia yang dinilai berbudaya lingkungan. Penganugerahan penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dilakukan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor pada Jumat, 5 Juni 2015.

 

 

Musabaqah Tilawati Quran (MTQ) XXVI di Banyuwangi

Kabupaten Gresik berhasil meraih juara umum pada "Musabaqah Tilawatil Quran" (MTQ) atau lomba membaca Al Quran tingkat Jawa Timur 2015, yang berlangsung di Banyuwangi. Ini membuktikan bahwa Kabupaten Gresik merupakan pusat "Qori" atau "Qoriah" (pembaca Al Quran) terbaik di Jawa Timur. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf kepada Bupati Gresik, Dr. Ir..Sambari Halim Radianto, M.Si

 

 

Piagam Pembina BAZ dan BAZNAS AWARD (Pengelola Terbaik Nasional) Sistem Informasi Manajemen BAZ (SIMBAZ)

Gresik sukses meraih 2 penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional untuk kategori Pembina zakat terbaik dan memiliki sistem informasi manajemen zakat terbaik nasional.penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Umum Baznas Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin didampingi Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin yang diwakili Wakil Bupati Gresik, Drs. Mohammad Qosim, M.Si

 

 

IDSA (Indonesia Digital Society Award)

Ajang penghargaan ini diselenggarakan oleh MarkPlus.Inc bersama Kementrian Komunikasi dan Informasi dan PT. Telekomunikasi Indonesia (TELKOM). Kabupaten Gresik meraih penghargaan Indonesia Digital Society Award (IDSA) untuk Kategori Bidang Kesehatan. Perhargaan tersebut diterima Wakil Bupati Gresik Drs. Mohammad Qosim, M.Si dari Menkominfo, Rudiantara di Mall Atrium Kota Kasablanka pada Rabu malam, 6 Mei 2015.

 

 

Penghargaan Keselamatan dan kesehatan kerja (K3)

Penghargaan ini diperoleh atas keberhasilan Pemerintah Kabupaten Gresik dalam menghantarkan 88 Perusahaan menerima Zero Accident Award dan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) tingkat Propinsi Jawa Timur. Dari 88 perusahaan itu masing-masing untuk 78 yang meraih penghargaan Zero Accident dan 10 perusahaan penerima Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3). Perhargaan ini diterima Wakil Bupati Gresik Drs. Mohammad Qosim, M.Si yang mewakili Bupati dari Gubernur Jawa Timur, Soekarwo pada hari Rabu, 22 April 2015 di Gedung Grahadi Surabaya.

 

 

Penghargaan Bidang Penanganan Darurat

Penetapan 50 Desa tangguh bencana oleh Pemerintah Kabupaten Gresik mendapat apresiasi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sehingga Pemerintah Kabupaten Gresik memperoleh Juara Nasional Bidang Penanganan Darurat Bencana Tahun 2015. 

 

 

Rekor Muri

Pemberian Imunisasi untuk 703 bayi usia dibawah 1 tahun sekaligus berhasil di catat di buku Museum Rekor Indonesia (MURI). Penciptaan Rekor baru MURI ini berhasil diselenggarakan atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Gresik dengan PT Petrokimia Gresik dalam rangka HUT PT Petrokimia Gresik ke 39 & HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 66 tahun 2011, di GOR Tridarma Gresik, Sabtu (16/7). Atas Prestasi tersebut, Perwakilan MURI Dessy Dwi Anestia memberikan piagam Rekor MURI kepada Bupati Gresik, Dr. Sambari Halim Radianto serta Direktur SDM, PT Petrokimia Gresik.

 

 


 

 

Adipura Bangunpraja

Adipura Bangunpraja merupakan lambang spremasi kebersihan kota, Dalam rangkaian Kirab Piala Adipura ke-8 untuk Kabupaten Gresik, Rabu (6/6/2012), petugas kebersihan (pasukan kuning) bernama Suwandi, warga Sumber, Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas, dan pegawai Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Gresik Mochammad Safii, warga Bungah, mendapatkan doorprize umroh.
Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto, menuturkan, bagi yang beruntung mendapatkan umroh diharapkan bisa menunaikannya. Hadiah itu belum sebanding dengan perannya menjaga kebersihan kota.Adipura diraih juga berkat peran serta seluruh komponen masyarakat.

 

 


 

 

Adiwiyata

Adiwiyata adalah penghargaan lingkungan hidup yang diberikan pada sekolah-sekolah yang melaksanakan program pelestarian lingkungan. Program pelestarian yang dimaksud mencakup kegiatan penghijauan, daur ulang sampah, bahkan hingga memasukkan materi lingkungan pada muatan lokal yang diajarkan pada murid-murid di sekolahnya. tahun 2012 lima sekolah di Gresik juga mendapatkan predikat sekolah Adiwiyata dan satu sekolah ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri.

 

Internasional

Di dunia Internasional pun Kabupaten Gresik telah menerima beberapa penghargaan antara lain yaitu Asean Development Citra Award dari Lembaga resmi internasional, Penghargaan Majelis Ilmu Kepada Bupati Gresik dari Kerajaan Brunai Darussalam 2008 dan Penghargaan bidang pendidikan kepada SMK Negeri Cerme : ANNEX 1 dari Vapro –OVP B.V Den Haag Netherlans.

 


 

2016

No. NAMA PENGHARGAAN BULAN TINGKAT
1 Penghargaan pembina terbaik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Maret Provinsi Jawa Timur
2 Penghargaan pembina terbaik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Mei Nasional
3 Opini WTP BPK Mei Nasional
4 Rekor Muri Peserta ishari terbanyak Juni  
5 Rekor Muri pengunjung berbusana sarung terbanyak pameran ramadhan Juni  
6 Juara UKS Agustus Nasional
7 Penghargaan Kepala Daerah Inovatif Agustus Nasional
8 Penghargaan Indonesia Attractivness Award September Nasional
9 Penghargaan Desa Tangguh Bencana  Oktober Provinsi Jawa Timur
10 Penghargaan kabupaten sehat 4 tahapan Oktober  Provinsi Jawa Timur
11 Penghargaan Kabupaten terbaik di bidang pemerintahan Desember Univ. Airlangga
12 Penghargaan Dana Rekca Desember Nasional
13 Penghargaan atas keberhasilan pemkab Gresik yang menjadi
 kabupaten yang peduli atas Hak Asasi Manusia
Desember Nasional
14 Penghargaan PUPR Desember Nasional
15 Penghargaan Adiwiyata 8 sekolah di Gresik Desember Nasional
16 Penghargaan dari Menteri keuangan dalam pelaporan keuangan Desember Nasional

 

 

2015

  • 10 Besar Lomba Bina Keluarga Balita Tingkat Peovinsi Jawa Timur
  • Harapan I Lomba Alat Permainan Edukatif (APE) Tingkat Propinsi Jawa Timur
  • Juara Aktor Terbaik Festival Penulisan Naskah dan Fragmen Budi Pekerti Tingkat Provinsi
  • Nominasi Penampilan Terbaik Festival Penulisan Naskah dan Fragmen Budi Pekerti Tingkat Provinsi
  • Juara II Kewirausahaan OSN SLB Tingkat Provinsi
  • Juara II Cerdas Cermat MIPA - OSN Tingkat Provinsi
  • Juara Harapan IPA SMPLB Tingkat Provinsi
  • Juara Harapan IT SMPLB Tingkat Provinsi
  • 3 Emas Cabor Renang SMP O2SN Tingkat Provinsi  2015
  • 3 Perak Cabor Renang SMP O2SN Tingkat Provinsi  2015
  • 1 Perunggu Pencak Silat SMP O2SN Tingkat Provinsi  2015
  • 1 Perunggu Bulu Tangkis PUTRI SMP O2SN Tingkat Provinsi  2015
  • 1 Perunggu Bulu Tangkis PUTRA SMA O2SN Tingkat Provinsi  2015
  • 1 Perak Lompat Jauh PUTRA SMP O2SN Tingkat Provinsi  2015
  • Juara Harapan 2 Teater SMP dan Aktor Terbaik Pekan Seni Pelajar Tingkat Provinsi 2015
  • Juara Harapan 3 Samroh SMP Pekan Seni Pelajar Tingkat Provinsi 2015
  • Juara Harapan 2 Samroh SMA dan Vokal Terbaik Pekan Seni Pelajar Tingkat Provinsi 2015
  • Juara 3 Musikalisasi Puisi SMA Pekan Seni Pelajar Tingkat Provinsi 2015

 

 

2014

  • Juara II Guru Berdedikasi Tingkat Provinsi
  • Rekor Muri Penghargaan Pembacaan IKRAR 8 GOL UKS dengan Peserta Terbanyak
  • Pemenang Otonomi Awards 2014 Spesial Category Environment & Sanitation (STBM) Tingkat Provinsi JATIM
  • Lolos 2 Tatanan Verifikasi Penilaian Kabupaten / Kota Sehat Tingkat Provinsi JATIM
  • Juara 1 Karya Tulis Tingkat Provinsi JATIM
  • Juara 2 Lomba Kader Tiwisada Tingkat Provinsi JATIM
  • Juara 2 Lomba Kader Tiwisada Tingkat Provinsi JATIM
  • Pembina K3 dan Sistem Managemen Keselamatan Kerja (SMK3) Tingkat Provinsi
  • K3 dan Sistem Managemen Keselamatan Kerja (SMK3) Tingkat Nasional
  • Zerro Accident Award Tingkat Nasional
  • Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 Penempatan Tenaga Kerja Tingkat Nasional / Menakertrans
  • Juara I Lomba HIPPA Tingkat Bakorwil IV Pamekasan Tahun 2014
  • Juara II Lomba HIPPA Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2014
  • Terbaik III Lomba KB PP dan PK Rumah Sakit Hari Keluarga XXI  TK. Prop Katim
  • Penghargaan Sebagai Pelaksana Terbaik III Laporan Rumah Sakit Umum Milik Pemerintah Kab/Kota Di Jatim Tahun 2013 Oleh Dinkes Propinsi Jawa Timur
  • Lomba HIPPA tunggal juara 1 Desa Mentaras tingkat Bakorwil
  • Juara II HIPPAM Tingat Propinsi Jatim untuk Kategori “ Sederhana” lokasi Ds.Karangrejo Kec.Manyar Kab.Gresik
  • Juara I HIPPAM Tingkat Provinsi Jatim untuk Kategori HIPAAM menengah Lokasi Ds.Karangrejo Kec.Manyar Kab.Gresik

 

 

2013

  • Peringkat 1 Invesment Award (Kategori Kelembagaan)
  • Penghargaan Desa Produktif (Kepedulian Terhadap Tenaga Kerja Di Pedesaan)
  • Penghargaan K3 dan Sistem Managemen Keselamatan Kerja dan Kesehatan
  • Penghargaan K3 Tk Nasional
  • UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) PAKARTI UTAMA III
  • Penghargaan PKH (Program Keluarga Harapan)
  • Adipura Ke- 9
  • Nominasi Kalpataru (Ujungpangkah)
  • Kalpataru (LSM Ecoton)
  • Adiwiyata (SMAN 1 Manyar)
  • Adiwiyata (SMAN 1 Driyorejo)
  • Juara Umum MTQ XXV Surabaya
  • Manggala Karya Kencana (BKKBN)Tingkat Nasional
  • Juara II PHBS Tingkat Provinsi
  • Gresik Sebagai Kab/Kota Pelopoor Pembudayaan Pendidikan Inklusi Di Indonesia
  • Inklusif Award
  • Penghargaan Anugerah Wisata Jawa Timur 2013 Pemenang Terbaik I. Kategori Daya Tarik Wisata Budaya
  • Juara I. Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam , Bergizi, Seimbang dan Aman). Kategori : Penyajian dan Cita Rasa
  • Penghargaan Selaku Pembina Industri Peace (Festival Jatim Kompeten Award 2013)
  • Penghargaan Dekranas Award (Kategori Tekstil)
  • Penghargaan Manggala Karya Kencana (Bidang KKB/Kependudukan dan Keluarga Berencana)
  • Stand Terbaik kategori SKPD Kabupaten/Kota dalam Gelar Pameran Pelayanan Publik Jawa Timur Tahun 2013 di Surabaya

 

 

2012

  • Juara I Pemasangan IUD terbanyak oleh Bidan Niswatin Choiriyah Desa Kandangan Kec. Cerme
  • Juara II Lomba Cipta Menu Penganekaragaman Pangan Provinsi Jawa Timur kategori penyajian terbaik (penyajian dan cita rasa)
  • Peringkat I Pemangku Ketahanan Pangan Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) Tingkat Provinsi Jawa Timur
  • Pemangku Ketahanan Pangan Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN)  Tingkat Nasional.
  • Juara I Pencapaian Peserta KB Baru MJKP (Mis Kontrasepsi Jangka Panjang) Tingkat Provinsi
  • Juara Harapan I Gelar Produk Olahan Tingkat Provinsi Dalam Ragka Hari Krida Pertanian Ke-40 Tahun 2012
  • Lulus Akreditasi 16 Pelayanan oleh KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit)
  • Memperoleh Penghargaan HIGH QUALITY IMPROVEMENT COMMITMENT dari THE QUALITY MAGAZINE

 

 

2011

  • Peringkat Pertama INDONESIA MOST RECOMMENDED CITIES FOR BUSINESS 2011
  • Peringkat II INVESTMENT AWARD kategori Kelembagaan Tahun 2011

 

 

2009

 

  • Penghargaan bidang pendidikan kepada SMK Negeri Cerme : ANNEX 1 dari Vapro –OVP B.V Den Haag Netherlans
  • Asean Development Citra Award dari Lembaga resmi internasional
  • Juara I Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Nasional (Kelurahan Sukorame)
  • Rekor MURI Keramikisasi 118 rumah dan pavingisasi jalan lingkungan sepanjang 29,5 km
  • Penghargaan Kadin Award 2009 Kategori Nara Surya Utama
  • Piala Adipura yang Ke-5 dan Sekolah Adiwiyata Mandiri
  • Satya Lencana Pembangunan Bidang Pendidikan
  • PU Awards Bidang Pembinaan Jasa Konstruksi
  • Citra Bhakti Abdi Negara
  • Pengelolaan Rusunawa Terbaik Tingkat Nasional
  • Penghargaan Amal Bhakti Agama Islam
  • Indeks Kepuasan dan Rekomendasi sebagai 5 Besar dari 20 Kabupaten/Kota se-Indonesia (versi Majalah SWA)
  • Daerah Investasi peringkat 13 dari 100 daerah se-Indonesia (versi Majalah SWA)
  • Pelayanan Bisnis terbaik peringkat 5 dari 20 Kabupaten/Kota se-Indonesia (versi Malajah SWA)
  • Penghargaan KBK Terbaik I Propinsi Jawa Timur Kategori Administrasi Kelompok Budaya Kerja “Cabang Jariyah” Bagian Administrasi Pembangunan Setda. Kabupaten Gresik
  • Penghargaan KBK Terbaik II Propinsi Jawa Timur Kategori Administrasi Kelompok Budaya Kerja “Formasi” Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Gresik
  • Profesionalisme Award

 

 

2008

 

  • Penghargaan Adipura Bangun Praja dari Presiden RI
  • Penghargaan Sekolah Adiwiyata dari Presiden
  • Penghargaan Kabupaten Penggerak Koperasi dari Presiden RI
  • Peringkat I Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah bidang PU sub bidang pengelolaan irigasi
  • Peringkat II Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah bidang PU sub bidang penanganan pemukiman kumuh perkotaan
  • Peringkat III Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah bidang PU sub bidang penyelenggaraan jalan dan jembatan
  • Penghargaan Pembina Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja oleh Menakertrans
  • Penghargaan Pembina Program Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) Oleh MENAKETRANS RI
  • Penghargaan Adipura Bangun Praja Keempat dari Presiden RI
  • Penghargaan Unit Pelayanan Percontohan Jawa Timur untuk RSUD Ibnu Sina
  • Penghargaan Terbaik III Tingkat Kategori Pelayanan Barang/ jasa Propinsi Jawa Timur Kelompok Budaya Kerja “Mawar” RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik
  • Otonomi Award Kategori Unik dari JPIP
  • Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Jawa Timur

 

 

2007

 
  • Penghargaan Bintang Keteladanan Ahlak Mulia Kepada Bupati Gresik pada Tahun 2007
  • Penghargaan Adipura Bangun Praja Tahun 2007
  • Penghargaan Sekolah Adiwiyata Tahun 2007
  • Penghargaan Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dari Menakertrans RI Tahun 2007
  • Peringkat II Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah bidang PU sub bidang penyelenggaraan sanitasi Tahun 2007
  • Peringkat II Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah bidang PU sub bidang pembinaan jasa konstruksi Tahun 2007
  • Penghargaan Paramakarya Bidang Kualitas dan produktivitas Tahun 2007 dari Menakertrans
  • Penghargaan Kabupaten Penggerak Koperasi Tahun 2007
  • Penghargaan Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2007
  • Penghargaan Kabupaten Penggerak Koperasi

 

2006

 
  • Penghargaan Muri untuk Program Bedah Rumah
  • Penghargaan Lencana Panca Warsa
  • Peringkat I Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah bidang PU sub bidang penanganan pemukiman kumuh perkotaan
  • Peringkat III Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah bidang PU sub bidang pembinaan jasa konstruksi
  • Penghargaan Adipura Bangun Praja Kedua dari Presiden RI
  • Penghargaan Adiwiyata Pertama
  • Penghargaan Pemerintah Kabupaten Peduli Olahraga Jawa
  • Penghargaan Kinerja usaha Perbaikan Gizi Keluarga (UPGK)

 

2005

 
  • Penghargaan Adipura Bangun Praja Pertama dari Presiden RI

 

2004

 

  • Kesatriya Bhakti Husada Aratula
  • Penghargaan Aksara Oleh Persiden RI
  • Penghargaan Widya Krama Pratama Untuk Bidang Pendidikan
  • Penghargaan KPPOD Kategori Ketenagakerjaan $ Produktivitas Peringkat Terbaik Daya Tarik Investasi Kab. Di Indonesia

 

 

2003

 

  • Penghargaan Pembangunan Bidang Infrastruktur Fisik Kabupaten di Indonesia
  • Tanda Kehormatan Satya Lencana Pembangunan
  • Peringkat Terbaik Baya Tarik Investasi Kabupaten Di Indonesia
  • Penghargaan Widya Krama Pratama Untuk Bidang Pendidikan
  • Sepuluh Besar Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional
  • Manggala Karya Kencana

 

 

2002

 
  • Penghargaan Widya Krama Pratama Untuk Bidang Pendidikan
  • Juara III Tenaga Kerja Mandiri

 

2001

 
  • Penghargaan Pembangunan Bidang Kesehatan (Manggala Karya Bhakti Husada Arutala)

 

2000

 
  • Peraih Penghargaan Kalpataru untuk Kategori Penyelamat Lingkungan Tingkat Propinsi>Juara I Tenaga Kerja Mandiri Profesional

 

 

Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Gresik
Copyright © 2017 Dinas Komunikasi dan Informatika
Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 60 Telp. 0313975454




home / profil /  penghargaan

 

 

Penghargaan

 

Pemerintah Kabupaten Gresik telah memperoleh berbagai macam penghargaan baik tingkat provinsi, nasional maupun internasional, dan semua keberhasilan itu tidak luput dari andil para warga masyarakat Kabupaten Gresik. Prestasi-prestasi penting yang dicapai Kabupaten Gresik tiap tahun adalah:


 

 

Satu lagi penghargaan yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten Gresik. Penghargaan tersebut adalah Indonesia’s Attractiveness Award 2016. Dalam perhelatan kali ini, Gresik berhasil menyabet sebagai kabupaten terbaik dengan indeks diatas rata-rata yakni 78,54 bersama 24 kabupaten yang terbaik yang dipilih.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur kepada Bupati Gresik Dr. Ir. H. Sambari Halim Radianto,ST.M.Si, Kamis (22/9) malam di Ballroom Hotel Mulia Senayan, Jakarta.

 

 

Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto menerima penghargaan tingkat provinsi Jawa Timur. Kali ini saat puncak peringatan HUT Provinsi Jatim ke 71, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (12/10), Bupati Sambari menerima 2 penghargaan sekaligus dari Gubernur Jawa Timur, Sukarwo. Penerimaan 2 piagam penghargaan yaitu anugerah Kabupaten Gresik sebagai Kabupaten Sehat empat tahapan, swasti saba wiwerda (Gresik Kabupaten Sehat Tingkat Lanjutan) serta Desa Tangguh bencana bidang partisipasi kategori utama.

 

 

Sukses Kabupaten Gresik dibidang Informasi dan Telekomunikasi, PT Telkom memberikan penghargaan Smart City Nusantara untuk Pemerintah Kabupaten Gresik. Penghargaan Nasional ini diserah terimakan oleh Operation Senior Manager (OSM) Regional Enterprise Govermer & Bisnis Service Wiayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, Imam Muncar  kepada Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto yang didampingi oleh Wakil Bupati Gresik Dr. Mohammad Qosim, Senin 29 Agustus 2016.

 

 

Penghargaan Swasti Saba Padapa (Program Gresik sehat) dan Penghargaan Manggala Karya Bhakti Husada

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik meraih dua penghargaan tingkat nasional di bidang kesehatan dari Kementerian Kesehatan. Penghargaan tersebut yaitu Swasti Saba Padapa untuk program Gresik Sehat dan Manggala Karya Bakti Husada untuk program prioritas kesehatan dalam APBD Gresik, penghargaan diberikan karena Gresik memprioritaskan program kesehatan dalam APBD. Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek kepada Penjabat Bupati Gresik Dr Akmal Boedianto di Gedung Bidakara, Jakarta pada 30 November 2015.

 

 

Penghargaan peringkat I Investment Award. (kategori kelembagaan)

Penghargaan ini merupakan salah satu ukuran keberhasilan investasi di Gresik, khususnya bidang kelembagaan. Kabupaten Gresik meraih penghargaan investasi terbaik di bidang kelembagaan atau Investment Award 2015 dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin 26 Oktober 2015.

 

 

Juara I Nasional LSS (TK Negeri Pembina)

Kabupaten Gresik menerima piala juara 1 Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Nasional, sebagai sekolah kinerja terbaik (Best Performance) TK Negri Pembina Kab. Gresik. Penerimaan penghargaan ini diterimakan langsung oleh Dirjen Pendidikan dasar dan menengah kementrian pendidikan dan kebudayaan Hamid Mohammad, di Hotel Bumi Wiyata Depok Jawa Barat, 16 Agustus 2015 pada acara penganugerahan Pemenang Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional. 

 

 

Satya lancana Pembangunan (bid KB)

Kepesertaan KB aktif saat ini mencapai 71,90% melebihi angka persentase nasional yang saat ini hanya 65%. Atas sukses program KB tersebut, Presiden Joko Widodo menyematkan penghargaan Satya Lencana Pembangunan Bidang Kependudukan 2015 kepada Bupati Gresik Dr. Ir. H. Sambari Halim Radianto, M.Si. Penyematan dilaksanakan bertepatan peringatan Hari Keluarga Nasional XXII tahun 2015 di Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang Selatan. 

 

 

 

Juara I PHBS (mojopetung) Kec Dukun

Desa Mojopetung, Kecamatan Dukun menjadi desa terbaik lomba perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) tingkat Provinsi Jawa Timur dengan menyisihkan 38 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Keberhasilan ini tak lepas dari peran PKK desa, Kecamatan maupun Kabupaten. Terlebih partisipasi dan motivasi masyarakat yang tinggi untuk mengubah pola hidup bersih dan sehat.

 

 

Adiwiyata Mandiri

Adiwiyata Mandiri merupakan salah satu penghargaan lingkungan hidup yang diberikan oleh Kementrian Lingkungan Hidup kepada sekolah-sekolah di Indonesia yang dinilai berbudaya lingkungan. Penganugerahan penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dilakukan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor pada Jumat, 5 Juni 2015.

 

 

Musabaqah Tilawati Quran (MTQ) XXVI di Banyuwangi

Kabupaten Gresik berhasil meraih juara umum pada "Musabaqah Tilawatil Quran" (MTQ) atau lomba membaca Al Quran tingkat Jawa Timur 2015, yang berlangsung di Banyuwangi. Ini membuktikan bahwa Kabupaten Gresik merupakan pusat "Qori" atau "Qoriah" (pembaca Al Quran) terbaik di Jawa Timur. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf kepada Bupati Gresik, Dr. Ir..Sambari Halim Radianto, M.Si

 

 

Piagam Pembina BAZ dan BAZNAS AWARD (Pengelola Terbaik Nasional) Sistem Informasi Manajemen BAZ (SIMBAZ)

Gresik sukses meraih 2 penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional untuk kategori Pembina zakat terbaik dan memiliki sistem informasi manajemen zakat terbaik nasional.penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Umum Baznas Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin didampingi Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin yang diwakili Wakil Bupati Gresik, Drs. Mohammad Qosim, M.Si

 

 

IDSA (Indonesia Digital Society Award)

Ajang penghargaan ini diselenggarakan oleh MarkPlus.Inc bersama Kementrian Komunikasi dan Informasi dan PT. Telekomunikasi Indonesia (TELKOM). Kabupaten Gresik meraih penghargaan Indonesia Digital Society Award (IDSA) untuk Kategori Bidang Kesehatan. Perhargaan tersebut diterima Wakil Bupati Gresik Drs. Mohammad Qosim, M.Si dari Menkominfo, Rudiantara di Mall Atrium Kota Kasablanka pada Rabu malam, 6 Mei 2015.

 

 

Penghargaan Keselamatan dan kesehatan kerja (K3)

Penghargaan ini diperoleh atas keberhasilan Pemerintah Kabupaten Gresik dalam menghantarkan 88 Perusahaan menerima Zero Accident Award dan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) tingkat Propinsi Jawa Timur. Dari 88 perusahaan itu masing-masing untuk 78 yang meraih penghargaan Zero Accident dan 10 perusahaan penerima Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3). Perhargaan ini diterima Wakil Bupati Gresik Drs. Mohammad Qosim, M.Si yang mewakili Bupati dari Gubernur Jawa Timur, Soekarwo pada hari Rabu, 22 April 2015 di Gedung Grahadi Surabaya.

 

 

Penghargaan Bidang Penanganan Darurat

Penetapan 50 Desa tangguh bencana oleh Pemerintah Kabupaten Gresik mendapat apresiasi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sehingga Pemerintah Kabupaten Gresik memperoleh Juara Nasional Bidang Penanganan Darurat Bencana Tahun 2015. 

 

 

Rekor Muri

Pemberian Imunisasi untuk 703 bayi usia dibawah 1 tahun sekaligus berhasil di catat di buku Museum Rekor Indonesia (MURI). Penciptaan Rekor baru MURI ini berhasil diselenggarakan atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Gresik dengan PT Petrokimia Gresik dalam rangka HUT PT Petrokimia Gresik ke 39 & HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 66 tahun 2011, di GOR Tridarma Gresik, Sabtu (16/7). Atas Prestasi tersebut, Perwakilan MURI Dessy Dwi Anestia memberikan piagam Rekor MURI kepada Bupati Gresik, Dr. Sambari Halim Radianto serta Direktur SDM, PT Petrokimia Gresik.

 

 


 

 

Adipura Bangunpraja

Adipura Bangunpraja merupakan lambang spremasi kebersihan kota, Dalam rangkaian Kirab Piala Adipura ke-8 untuk Kabupaten Gresik, Rabu (6/6/2012), petugas kebersihan (pasukan kuning) bernama Suwandi, warga Sumber, Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas, dan pegawai Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Gresik Mochammad Safii, warga Bungah, mendapatkan doorprize umroh.
Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto, menuturkan, bagi yang beruntung mendapatkan umroh diharapkan bisa menunaikannya. Hadiah itu belum sebanding dengan perannya menjaga kebersihan kota.Adipura diraih juga berkat peran serta seluruh komponen masyarakat.

 

 


 

 

Adiwiyata

Adiwiyata adalah penghargaan lingkungan hidup yang diberikan pada sekolah-sekolah yang melaksanakan program pelestarian lingkungan. Program pelestarian yang dimaksud mencakup kegiatan penghijauan, daur ulang sampah, bahkan hingga memasukkan materi lingkungan pada muatan lokal yang diajarkan pada murid-murid di sekolahnya. tahun 2012 lima sekolah di Gresik juga mendapatkan predikat sekolah Adiwiyata dan satu sekolah ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri.

 

Internasional

Di dunia Internasional pun Kabupaten Gresik telah menerima beberapa penghargaan antara lain yaitu Asean Development Citra Award dari Lembaga resmi internasional, Penghargaan Majelis Ilmu Kepada Bupati Gresik dari Kerajaan Brunai Darussalam 2008 dan Penghargaan bidang pendidikan kepada SMK Negeri Cerme : ANNEX 1 dari Vapro –OVP B.V Den Haag Netherlans.

 


 

2016

No. NAMA PENGHARGAAN BULAN TINGKAT
1 Penghargaan pembina terbaik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Maret Provinsi Jawa Timur
2 Penghargaan pembina terbaik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Mei Nasional
3 Opini WTP BPK Mei Nasional
4 Rekor Muri Peserta ishari terbanyak Juni  
5 Rekor Muri pengunjung berbusana sarung terbanyak pameran ramadhan Juni  
6 Juara UKS Agustus Nasional
7 Penghargaan Kepala Daerah Inovatif Agustus Nasional
8 Penghargaan Indonesia Attractivness Award September Nasional
9 Penghargaan Desa Tangguh Bencana  Oktober Provinsi Jawa Timur
10 Penghargaan kabupaten sehat 4 tahapan Oktober  Provinsi Jawa Timur
11 Penghargaan Kabupaten terbaik di bidang pemerintahan Desember Univ. Airlangga
12 Penghargaan Dana Rekca Desember Nasional
13 Penghargaan atas keberhasilan pemkab Gresik yang menjadi
 kabupaten yang peduli atas Hak Asasi Manusia
Desember Nasional
14 Penghargaan PUPR Desember Nasional
15 Penghargaan Adiwiyata 8 sekolah di Gresik Desember Nasional
16 Penghargaan dari Menteri keuangan dalam pelaporan keuangan Desember Nasional

 

 

2015

  • 10 Besar Lomba Bina Keluarga Balita Tingkat Peovinsi Jawa Timur
  • Harapan I Lomba Alat Permainan Edukatif (APE) Tingkat Propinsi Jawa Timur
  • Juara Aktor Terbaik Festival Penulisan Naskah dan Fragmen Budi Pekerti Tingkat Provinsi
  • Nominasi Penampilan Terbaik Festival Penulisan Naskah dan Fragmen Budi Pekerti Tingkat Provinsi
  • Juara II Kewirausahaan OSN SLB Tingkat Provinsi
  • Juara II Cerdas Cermat MIPA - OSN Tingkat Provinsi
  • Juara Harapan IPA SMPLB Tingkat Provinsi
  • Juara Harapan IT SMPLB Tingkat Provinsi
  • 3 Emas Cabor Renang SMP O2SN Tingkat Provinsi  2015
  • 3 Perak Cabor Renang SMP O2SN Tingkat Provinsi  2015
  • 1 Perunggu Pencak Silat SMP O2SN Tingkat Provinsi  2015
  • 1 Perunggu Bulu Tangkis PUTRI SMP O2SN Tingkat Provinsi  2015
  • 1 Perunggu Bulu Tangkis PUTRA SMA O2SN Tingkat Provinsi  2015
  • 1 Perak Lompat Jauh PUTRA SMP O2SN Tingkat Provinsi  2015
  • Juara Harapan 2 Teater SMP dan Aktor Terbaik Pekan Seni Pelajar Tingkat Provinsi 2015
  • Juara Harapan 3 Samroh SMP Pekan Seni Pelajar Tingkat Provinsi 2015
  • Juara Harapan 2 Samroh SMA dan Vokal Terbaik Pekan Seni Pelajar Tingkat Provinsi 2015
  • Juara 3 Musikalisasi Puisi SMA Pekan Seni Pelajar Tingkat Provinsi 2015

 

 

2014

  • Juara II Guru Berdedikasi Tingkat Provinsi
  • Rekor Muri Penghargaan Pembacaan IKRAR 8 GOL UKS dengan Peserta Terbanyak
  • Pemenang Otonomi Awards 2014 Spesial Category Environment & Sanitation (STBM) Tingkat Provinsi JATIM
  • Lolos 2 Tatanan Verifikasi Penilaian Kabupaten / Kota Sehat Tingkat Provinsi JATIM
  • Juara 1 Karya Tulis Tingkat Provinsi JATIM
  • Juara 2 Lomba Kader Tiwisada Tingkat Provinsi JATIM
  • Juara 2 Lomba Kader Tiwisada Tingkat Provinsi JATIM
  • Pembina K3 dan Sistem Managemen Keselamatan Kerja (SMK3) Tingkat Provinsi
  • K3 dan Sistem Managemen Keselamatan Kerja (SMK3) Tingkat Nasional
  • Zerro Accident Award Tingkat Nasional
  • Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 Penempatan Tenaga Kerja Tingkat Nasional / Menakertrans
  • Juara I Lomba HIPPA Tingkat Bakorwil IV Pamekasan Tahun 2014
  • Juara II Lomba HIPPA Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2014
  • Terbaik III Lomba KB PP dan PK Rumah Sakit Hari Keluarga XXI  TK. Prop Katim
  • Penghargaan Sebagai Pelaksana Terbaik III Laporan Rumah Sakit Umum Milik Pemerintah Kab/Kota Di Jatim Tahun 2013 Oleh Dinkes Propinsi Jawa Timur
  • Lomba HIPPA tunggal juara 1 Desa Mentaras tingkat Bakorwil
  • Juara II HIPPAM Tingat Propinsi Jatim untuk Kategori “ Sederhana” lokasi Ds.Karangrejo Kec.Manyar Kab.Gresik
  • Juara I HIPPAM Tingkat Provinsi Jatim untuk Kategori HIPAAM menengah Lokasi Ds.Karangrejo Kec.Manyar Kab.Gresik

 

 

2013

  • Peringkat 1 Invesment Award (Kategori Kelembagaan)
  • Penghargaan Desa Produktif (Kepedulian Terhadap Tenaga Kerja Di Pedesaan)
  • Penghargaan K3 dan Sistem Managemen Keselamatan Kerja dan Kesehatan
  • Penghargaan K3 Tk Nasional
  • UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) PAKARTI UTAMA III
  • Penghargaan PKH (Program Keluarga Harapan)
  • Adipura Ke- 9
  • Nominasi Kalpataru (Ujungpangkah)
  • Kalpataru (LSM Ecoton)
  • Adiwiyata (SMAN 1 Manyar)
  • Adiwiyata (SMAN 1 Driyorejo)
  • Juara Umum MTQ XXV Surabaya
  • Manggala Karya Kencana (BKKBN)Tingkat Nasional
  • Juara II PHBS Tingkat Provinsi
  • Gresik Sebagai Kab/Kota Pelopoor Pembudayaan Pendidikan Inklusi Di Indonesia
  • Inklusif Award
  • Penghargaan Anugerah Wisata Jawa Timur 2013 Pemenang Terbaik I. Kategori Daya Tarik Wisata Budaya
  • Juara I. Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam , Bergizi, Seimbang dan Aman). Kategori : Penyajian dan Cita Rasa
  • Penghargaan Selaku Pembina Industri Peace (Festival Jatim Kompeten Award 2013)
  • Penghargaan Dekranas Award (Kategori Tekstil)
  • Penghargaan Manggala Karya Kencana (Bidang KKB/Kependudukan dan Keluarga Berencana)
  • Stand Terbaik kategori SKPD Kabupaten/Kota dalam Gelar Pameran Pelayanan Publik Jawa Timur Tahun 2013 di Surabaya

 

 

2012

  • Juara I Pemasangan IUD terbanyak oleh Bidan Niswatin Choiriyah Desa Kandangan Kec. Cerme
  • Juara II Lomba Cipta Menu Penganekaragaman Pangan Provinsi Jawa Timur kategori penyajian terbaik (penyajian dan cita rasa)
  • Peringkat I Pemangku Ketahanan Pangan Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) Tingkat Provinsi Jawa Timur
  • Pemangku Ketahanan Pangan Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN)  Tingkat Nasional.
  • Juara I Pencapaian Peserta KB Baru MJKP (Mis Kontrasepsi Jangka Panjang) Tingkat Provinsi
  • Juara Harapan I Gelar Produk Olahan Tingkat Provinsi Dalam Ragka Hari Krida Pertanian Ke-40 Tahun 2012
  • Lulus Akreditasi 16 Pelayanan oleh KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit)
  • Memperoleh Penghargaan HIGH QUALITY IMPROVEMENT COMMITMENT dari THE QUALITY MAGAZINE

 

 

2011

  • Peringkat Pertama INDONESIA MOST RECOMMENDED CITIES FOR BUSINESS 2011
  • Peringkat II INVESTMENT AWARD kategori Kelembagaan Tahun 2011

 

 

2009

 

  • Penghargaan bidang pendidikan kepada SMK Negeri Cerme : ANNEX 1 dari Vapro –OVP B.V Den Haag Netherlans
  • Asean Development Citra Award dari Lembaga resmi internasional
  • Juara I Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Nasional (Kelurahan Sukorame)
  • Rekor MURI Keramikisasi 118 rumah dan pavingisasi jalan lingkungan sepanjang 29,5 km
  • Penghargaan Kadin Award 2009 Kategori Nara Surya Utama
  • Piala Adipura yang Ke-5 dan Sekolah Adiwiyata Mandiri
  • Satya Lencana Pembangunan Bidang Pendidikan
  • PU Awards Bidang Pembinaan Jasa Konstruksi
  • Citra Bhakti Abdi Negara
  • Pengelolaan Rusunawa Terbaik Tingkat Nasional
  • Penghargaan Amal Bhakti Agama Islam
  • Indeks Kepuasan dan Rekomendasi sebagai 5 Besar dari 20 Kabupaten/Kota se-Indonesia (versi Majalah SWA)
  • Daerah Investasi peringkat 13 dari 100 daerah se-Indonesia (versi Majalah SWA)
  • Pelayanan Bisnis terbaik peringkat 5 dari 20 Kabupaten/Kota se-Indonesia (versi Malajah SWA)
  • Penghargaan KBK Terbaik I Propinsi Jawa Timur Kategori Administrasi Kelompok Budaya Kerja “Cabang Jariyah” Bagian Administrasi Pembangunan Setda. Kabupaten Gresik
  • Penghargaan KBK Terbaik II Propinsi Jawa Timur Kategori Administrasi Kelompok Budaya Kerja “Formasi” Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Gresik
  • Profesionalisme Award

 

 

2008

 

  • Penghargaan Adipura Bangun Praja dari Presiden RI
  • Penghargaan Sekolah Adiwiyata dari Presiden
  • Penghargaan Kabupaten Penggerak Koperasi dari Presiden RI
  • Peringkat I Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah bidang PU sub bidang pengelolaan irigasi
  • Peringkat II Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah bidang PU sub bidang penanganan pemukiman kumuh perkotaan
  • Peringkat III Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah bidang PU sub bidang penyelenggaraan jalan dan jembatan
  • Penghargaan Pembina Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja oleh Menakertrans
  • Penghargaan Pembina Program Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) Oleh MENAKETRANS RI
  • Penghargaan Adipura Bangun Praja Keempat dari Presiden RI
  • Penghargaan Unit Pelayanan Percontohan Jawa Timur untuk RSUD Ibnu Sina
  • Penghargaan Terbaik III Tingkat Kategori Pelayanan Barang/ jasa Propinsi Jawa Timur Kelompok Budaya Kerja “Mawar” RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik
  • Otonomi Award Kategori Unik dari JPIP
  • Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Jawa Timur

 

 

2007

 
  • Penghargaan Bintang Keteladanan Ahlak Mulia Kepada Bupati Gresik pada Tahun 2007
  • Penghargaan Adipura Bangun Praja Tahun 2007
  • Penghargaan Sekolah Adiwiyata Tahun 2007
  • Penghargaan Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dari Menakertrans RI Tahun 2007
  • Peringkat II Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah bidang PU sub bidang penyelenggaraan sanitasi Tahun 2007
  • Peringkat II Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah bidang PU sub bidang pembinaan jasa konstruksi Tahun 2007
  • Penghargaan Paramakarya Bidang Kualitas dan produktivitas Tahun 2007 dari Menakertrans
  • Penghargaan Kabupaten Penggerak Koperasi Tahun 2007
  • Penghargaan Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2007
  • Penghargaan Kabupaten Penggerak Koperasi

 

2006

 
  • Penghargaan Muri untuk Program Bedah Rumah
  • Penghargaan Lencana Panca Warsa
  • Peringkat I Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah bidang PU sub bidang penanganan pemukiman kumuh perkotaan
  • Peringkat III Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah bidang PU sub bidang pembinaan jasa konstruksi
  • Penghargaan Adipura Bangun Praja Kedua dari Presiden RI
  • Penghargaan Adiwiyata Pertama
  • Penghargaan Pemerintah Kabupaten Peduli Olahraga Jawa
  • Penghargaan Kinerja usaha Perbaikan Gizi Keluarga (UPGK)

 

2005

 
  • Penghargaan Adipura Bangun Praja Pertama dari Presiden RI

 

2004

 

  • Kesatriya Bhakti Husada Aratula
  • Penghargaan Aksara Oleh Persiden RI
  • Penghargaan Widya Krama Pratama Untuk Bidang Pendidikan
  • Penghargaan KPPOD Kategori Ketenagakerjaan $ Produktivitas Peringkat Terbaik Daya Tarik Investasi Kab. Di Indonesia

 

 

2003

 

  • Penghargaan Pembangunan Bidang Infrastruktur Fisik Kabupaten di Indonesia
  • Tanda Kehormatan Satya Lencana Pembangunan
  • Peringkat Terbaik Baya Tarik Investasi Kabupaten Di Indonesia
  • Penghargaan Widya Krama Pratama Untuk Bidang Pendidikan
  • Sepuluh Besar Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional
  • Manggala Karya Kencana

 

 

2002

 
  • Penghargaan Widya Krama Pratama Untuk Bidang Pendidikan
  • Juara III Tenaga Kerja Mandiri

 

2001

 
  • Penghargaan Pembangunan Bidang Kesehatan (Manggala Karya Bhakti Husada Arutala)

 

2000

 
  • Peraih Penghargaan Kalpataru untuk Kategori Penyelamat Lingkungan Tingkat Propinsi>Juara I Tenaga Kerja Mandiri Profesional

 

home / profil /  penghargaan

 

 

Penghargaan

 

Pemerintah Kabupaten Gresik telah memperoleh berbagai macam penghargaan baik tingkat provinsi, nasional maupun internasional, dan semua keberhasilan itu tidak luput dari andil para warga masyarakat Kabupaten Gresik. Prestasi-prestasi penting yang dicapai Kabupaten Gresik tiap tahun adalah:


 

 

Satu lagi penghargaan yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten Gresik. Penghargaan tersebut adalah Indonesia’s Attractiveness Award 2016. Dalam perhelatan kali ini, Gresik berhasil menyabet sebagai kabupaten terbaik dengan indeks diatas rata-rata yakni 78,54 bersama 24 kabupaten yang terbaik yang dipilih.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur kepada Bupati Gresik Dr. Ir. H. Sambari Halim Radianto,ST.M.Si, Kamis (22/9) malam di Ballroom Hotel Mulia Senayan, Jakarta.

 

 

Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto menerima penghargaan tingkat provinsi Jawa Timur. Kali ini saat puncak peringatan HUT Provinsi Jatim ke 71, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (12/10), Bupati Sambari menerima 2 penghargaan sekaligus dari Gubernur Jawa Timur, Sukarwo. Penerimaan 2 piagam penghargaan yaitu anugerah Kabupaten Gresik sebagai Kabupaten Sehat empat tahapan, swasti saba wiwerda (Gresik Kabupaten Sehat Tingkat Lanjutan) serta Desa Tangguh bencana bidang partisipasi kategori utama.

 

 

Sukses Kabupaten Gresik dibidang Informasi dan Telekomunikasi, PT Telkom memberikan penghargaan Smart City Nusantara untuk Pemerintah Kabupaten Gresik. Penghargaan Nasional ini diserah terimakan oleh Operation Senior Manager (OSM) Regional Enterprise Govermer & Bisnis Service Wiayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, Imam Muncar  kepada Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto yang didampingi oleh Wakil Bupati Gresik Dr. Mohammad Qosim, Senin 29 Agustus 2016.

 

 

Penghargaan Swasti Saba Padapa (Program Gresik sehat) dan Penghargaan Manggala Karya Bhakti Husada

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik meraih dua penghargaan tingkat nasional di bidang kesehatan dari Kementerian Kesehatan. Penghargaan tersebut yaitu Swasti Saba Padapa untuk program Gresik Sehat dan Manggala Karya Bakti Husada untuk program prioritas kesehatan dalam APBD Gresik, penghargaan diberikan karena Gresik memprioritaskan program kesehatan dalam APBD. Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek kepada Penjabat Bupati Gresik Dr Akmal Boedianto di Gedung Bidakara, Jakarta pada 30 November 2015.

 

 

Penghargaan peringkat I Investment Award. (kategori kelembagaan)

Penghargaan ini merupakan salah satu ukuran keberhasilan investasi di Gresik, khususnya bidang kelembagaan. Kabupaten Gresik meraih penghargaan investasi terbaik di bidang kelembagaan atau Investment Award 2015 dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin 26 Oktober 2015.

 

 

Juara I Nasional LSS (TK Negeri Pembina)

Kabupaten Gresik menerima piala juara 1 Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Nasional, sebagai sekolah kinerja terbaik (Best Performance) TK Negri Pembina Kab. Gresik. Penerimaan penghargaan ini diterimakan langsung oleh Dirjen Pendidikan dasar dan menengah kementrian pendidikan dan kebudayaan Hamid Mohammad, di Hotel Bumi Wiyata Depok Jawa Barat, 16 Agustus 2015 pada acara penganugerahan Pemenang Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional. 

 

 

Satya lancana Pembangunan (bid KB)

Kepesertaan KB aktif saat ini mencapai 71,90% melebihi angka persentase nasional yang saat ini hanya 65%. Atas sukses program KB tersebut, Presiden Joko Widodo menyematkan penghargaan Satya Lencana Pembangunan Bidang Kependudukan 2015 kepada Bupati Gresik Dr. Ir. H. Sambari Halim Radianto, M.Si. Penyematan dilaksanakan bertepatan peringatan Hari Keluarga Nasional XXII tahun 2015 di Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang Selatan. 

 

 

 

Juara I PHBS (mojopetung) Kec Dukun

Desa Mojopetung, Kecamatan Dukun menjadi desa terbaik lomba perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) tingkat Provinsi Jawa Timur dengan menyisihkan 38 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Keberhasilan ini tak lepas dari peran PKK desa, Kecamatan maupun Kabupaten. Terlebih partisipasi dan motivasi masyarakat yang tinggi untuk mengubah pola hidup bersih dan sehat.

 

 

Adiwiyata Mandiri

Adiwiyata Mandiri merupakan salah satu penghargaan lingkungan hidup yang diberikan oleh Kementrian Lingkungan Hidup kepada sekolah-sekolah di Indonesia yang dinilai berbudaya lingkungan. Penganugerahan penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dilakukan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor pada Jumat, 5 Juni 2015.

 

 

Musabaqah Tilawati Quran (MTQ) XXVI di Banyuwangi

Kabupaten Gresik berhasil meraih juara umum pada "Musabaqah Tilawatil Quran" (MTQ) atau lomba membaca Al Quran tingkat Jawa Timur 2015, yang berlangsung di Banyuwangi. Ini membuktikan bahwa Kabupaten Gresik merupakan pusat "Qori" atau "Qoriah" (pembaca Al Quran) terbaik di Jawa Timur. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf kepada Bupati Gresik, Dr. Ir..Sambari Halim Radianto, M.Si

 

 

Piagam Pembina BAZ dan BAZNAS AWARD (Pengelola Terbaik Nasional) Sistem Informasi Manajemen BAZ (SIMBAZ)

Gresik sukses meraih 2 penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional untuk kategori Pembina zakat terbaik dan memiliki sistem informasi manajemen zakat terbaik nasional.penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Umum Baznas Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin didampingi Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin yang diwakili Wakil Bupati Gresik, Drs. Mohammad Qosim, M.Si

 

 

IDSA (Indonesia Digital Society Award)

Ajang penghargaan ini diselenggarakan oleh MarkPlus.Inc bersama Kementrian Komunikasi dan Informasi dan PT. Telekomunikasi Indonesia (TELKOM). Kabupaten Gresik meraih penghargaan Indonesia Digital Society Award (IDSA) untuk Kategori Bidang Kesehatan. Perhargaan tersebut diterima Wakil Bupati Gresik Drs. Mohammad Qosim, M.Si dari Menkominfo, Rudiantara di Mall Atrium Kota Kasablanka pada Rabu malam, 6 Mei 2015.

 

 

Penghargaan Keselamatan dan kesehatan kerja (K3)

Penghargaan ini diperoleh atas keberhasilan Pemerintah Kabupaten Gresik dalam menghantarkan 88 Perusahaan menerima Zero Accident Award dan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) tingkat Propinsi Jawa Timur. Dari 88 perusahaan itu masing-masing untuk 78 yang meraih penghargaan Zero Accident dan 10 perusahaan penerima Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3). Perhargaan ini diterima Wakil Bupati Gresik Drs. Mohammad Qosim, M.Si yang mewakili Bupati dari Gubernur Jawa Timur, Soekarwo pada hari Rabu, 22 April 2015 di Gedung Grahadi Surabaya.

 

 

Penghargaan Bidang Penanganan Darurat

Penetapan 50 Desa tangguh bencana oleh Pemerintah Kabupaten Gresik mendapat apresiasi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sehingga Pemerintah Kabupaten Gresik memperoleh Juara Nasional Bidang Penanganan Darurat Bencana Tahun 2015. 

 

 

Rekor Muri

Pemberian Imunisasi untuk 703 bayi usia dibawah 1 tahun sekaligus berhasil di catat di buku Museum Rekor Indonesia (MURI). Penciptaan Rekor baru MURI ini berhasil diselenggarakan atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Gresik dengan PT Petrokimia Gresik dalam rangka HUT PT Petrokimia Gresik ke 39 & HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 66 tahun 2011, di GOR Tridarma Gresik, Sabtu (16/7). Atas Prestasi tersebut, Perwakilan MURI Dessy Dwi Anestia memberikan piagam Rekor MURI kepada Bupati Gresik, Dr. Sambari Halim Radianto serta Direktur SDM, PT Petrokimia Gresik.

 

 


 

 

Adipura Bangunpraja

Adipura Bangunpraja merupakan lambang spremasi kebersihan kota, Dalam rangkaian Kirab Piala Adipura ke-8 untuk Kabupaten Gresik, Rabu (6/6/2012), petugas kebersihan (pasukan kuning) bernama Suwandi, warga Sumber, Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas, dan pegawai Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Gresik Mochammad Safii, warga Bungah, mendapatkan doorprize umroh.
Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto, menuturkan, bagi yang beruntung mendapatkan umroh diharapkan bisa menunaikannya. Hadiah itu belum sebanding dengan perannya menjaga kebersihan kota.Adipura diraih juga berkat peran serta seluruh komponen masyarakat.

 

 


 

 

Adiwiyata

Adiwiyata adalah penghargaan lingkungan hidup yang diberikan pada sekolah-sekolah yang melaksanakan program pelestarian lingkungan. Program pelestarian yang dimaksud mencakup kegiatan penghijauan, daur ulang sampah, bahkan hingga memasukkan materi lingkungan pada muatan lokal yang diajarkan pada murid-murid di sekolahnya. tahun 2012 lima sekolah di Gresik juga mendapatkan predikat sekolah Adiwiyata dan satu sekolah ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri.

 

Internasional

Di dunia Internasional pun Kabupaten Gresik telah menerima beberapa penghargaan antara lain yaitu Asean Development Citra Award dari Lembaga resmi internasional, Penghargaan Majelis Ilmu Kepada Bupati Gresik dari Kerajaan Brunai Darussalam 2008 dan Penghargaan bidang pendidikan kepada SMK Negeri Cerme : ANNEX 1 dari Vapro –OVP B.V Den Haag Netherlans.

 


 

2016

No. NAMA PENGHARGAAN BULAN TINGKAT
1 Penghargaan pembina terbaik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Maret Provinsi Jawa Timur
2 Penghargaan pembina terbaik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Mei Nasional
3 Opini WTP BPK Mei Nasional
4 Rekor Muri Peserta ishari terbanyak Juni  
5 Rekor Muri pengunjung berbusana sarung terbanyak pameran ramadhan Juni  
6 Juara UKS Agustus Nasional
7 Penghargaan Kepala Daerah Inovatif Agustus Nasional
8 Penghargaan Indonesia Attractivness Award September Nasional
9 Penghargaan Desa Tangguh Bencana  Oktober Provinsi Jawa Timur
10 Penghargaan kabupaten sehat 4 tahapan Oktober  Provinsi Jawa Timur
11 Penghargaan Kabupaten terbaik di bidang pemerintahan Desember Univ. Airlangga
12 Penghargaan Dana Rekca Desember Nasional
13 Penghargaan atas keberhasilan pemkab Gresik yang menjadi
 kabupaten yang peduli atas Hak Asasi Manusia
Desember Nasional
14 Penghargaan PUPR Desember Nasional
15 Penghargaan Adiwiyata 8 sekolah di Gresik Desember Nasional
16 Penghargaan dari Menteri keuangan dalam pelaporan keuangan Desember Nasional

 

 

2015

  • 10 Besar Lomba Bina Keluarga Balita Tingkat Peovinsi Jawa Timur
  • Harapan I Lomba Alat Permainan Edukatif (APE) Tingkat Propinsi Jawa Timur
  • Juara Aktor Terbaik Festival Penulisan Naskah dan Fragmen Budi Pekerti Tingkat Provinsi
  • Nominasi Penampilan Terbaik Festival Penulisan Naskah dan Fragmen Budi Pekerti Tingkat Provinsi
  • Juara II Kewirausahaan OSN SLB Tingkat Provinsi
  • Juara II Cerdas Cermat MIPA - OSN Tingkat Provinsi
  • Juara Harapan IPA SMPLB Tingkat Provinsi
  • Juara Harapan IT SMPLB Tingkat Provinsi
  • 3 Emas Cabor Renang SMP O2SN Tingkat Provinsi  2015
  • 3 Perak Cabor Renang SMP O2SN Tingkat Provinsi  2015
  • 1 Perunggu Pencak Silat SMP O2SN Tingkat Provinsi  2015
  • 1 Perunggu Bulu Tangkis PUTRI SMP O2SN Tingkat Provinsi  2015
  • 1 Perunggu Bulu Tangkis PUTRA SMA O2SN Tingkat Provinsi  2015
  • 1 Perak Lompat Jauh PUTRA SMP O2SN Tingkat Provinsi  2015
  • Juara Harapan 2 Teater SMP dan Aktor Terbaik Pekan Seni Pelajar Tingkat Provinsi 2015
  • Juara Harapan 3 Samroh SMP Pekan Seni Pelajar Tingkat Provinsi 2015
  • Juara Harapan 2 Samroh SMA dan Vokal Terbaik Pekan Seni Pelajar Tingkat Provinsi 2015
  • Juara 3 Musikalisasi Puisi SMA Pekan Seni Pelajar Tingkat Provinsi 2015

 

 

2014

  • Juara II Guru Berdedikasi Tingkat Provinsi
  • Rekor Muri Penghargaan Pembacaan IKRAR 8 GOL UKS dengan Peserta Terbanyak
  • Pemenang Otonomi Awards 2014 Spesial Category Environment & Sanitation (STBM) Tingkat Provinsi JATIM
  • Lolos 2 Tatanan Verifikasi Penilaian Kabupaten / Kota Sehat Tingkat Provinsi JATIM
  • Juara 1 Karya Tulis Tingkat Provinsi JATIM
  • Juara 2 Lomba Kader Tiwisada Tingkat Provinsi JATIM
  • Juara 2 Lomba Kader Tiwisada Tingkat Provinsi JATIM
  • Pembina K3 dan Sistem Managemen Keselamatan Kerja (SMK3) Tingkat Provinsi
  • K3 dan Sistem Managemen Keselamatan Kerja (SMK3) Tingkat Nasional
  • Zerro Accident Award Tingkat Nasional
  • Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 Penempatan Tenaga Kerja Tingkat Nasional / Menakertrans
  • Juara I Lomba HIPPA Tingkat Bakorwil IV Pamekasan Tahun 2014
  • Juara II Lomba HIPPA Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2014
  • Terbaik III Lomba KB PP dan PK Rumah Sakit Hari Keluarga XXI  TK. Prop Katim
  • Penghargaan Sebagai Pelaksana Terbaik III Laporan Rumah Sakit Umum Milik Pemerintah Kab/Kota Di Jatim Tahun 2013 Oleh Dinkes Propinsi Jawa Timur
  • Lomba HIPPA tunggal juara 1 Desa Mentaras tingkat Bakorwil
  • Juara II HIPPAM Tingat Propinsi Jatim untuk Kategori “ Sederhana” lokasi Ds.Karangrejo Kec.Manyar Kab.Gresik
  • Juara I HIPPAM Tingkat Provinsi Jatim untuk Kategori HIPAAM menengah Lokasi Ds.Karangrejo Kec.Manyar Kab.Gresik

 

 

2013

  • Peringkat 1 Invesment Award (Kategori Kelembagaan)
  • Penghargaan Desa Produktif (Kepedulian Terhadap Tenaga Kerja Di Pedesaan)
  • Penghargaan K3 dan Sistem Managemen Keselamatan Kerja dan Kesehatan
  • Penghargaan K3 Tk Nasional
  • UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) PAKARTI UTAMA III
  • Penghargaan PKH (Program Keluarga Harapan)
  • Adipura Ke- 9
  • Nominasi Kalpataru (Ujungpangkah)
  • Kalpataru (LSM Ecoton)
  • Adiwiyata (SMAN 1 Manyar)
  • Adiwiyata (SMAN 1 Driyorejo)
  • Juara Umum MTQ XXV Surabaya
  • Manggala Karya Kencana (BKKBN)Tingkat Nasional
  • Juara II PHBS Tingkat Provinsi
  • Gresik Sebagai Kab/Kota Pelopoor Pembudayaan Pendidikan Inklusi Di Indonesia
  • Inklusif Award
  • Penghargaan Anugerah Wisata Jawa Timur 2013 Pemenang Terbaik I. Kategori Daya Tarik Wisata Budaya
  • Juara I. Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam , Bergizi, Seimbang dan Aman). Kategori : Penyajian dan Cita Rasa
  • Penghargaan Selaku Pembina Industri Peace (Festival Jatim Kompeten Award 2013)
  • Penghargaan Dekranas Award (Kategori Tekstil)
  • Penghargaan Manggala Karya Kencana (Bidang KKB/Kependudukan dan Keluarga Berencana)
  • Stand Terbaik kategori SKPD Kabupaten/Kota dalam Gelar Pameran Pelayanan Publik Jawa Timur Tahun 2013 di Surabaya

 

 

2012

  • Juara I Pemasangan IUD terbanyak oleh Bidan Niswatin Choiriyah Desa Kandangan Kec. Cerme
  • Juara II Lomba Cipta Menu Penganekaragaman Pangan Provinsi Jawa Timur kategori penyajian terbaik (penyajian dan cita rasa)
  • Peringkat I Pemangku Ketahanan Pangan Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) Tingkat Provinsi Jawa Timur
  • Pemangku Ketahanan Pangan Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN)  Tingkat Nasional.
  • Juara I Pencapaian Peserta KB Baru MJKP (Mis Kontrasepsi Jangka Panjang) Tingkat Provinsi
  • Juara Harapan I Gelar Produk Olahan Tingkat Provinsi Dalam Ragka Hari Krida Pertanian Ke-40 Tahun 2012
  • Lulus Akreditasi 16 Pelayanan oleh KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit)
  • Memperoleh Penghargaan HIGH QUALITY IMPROVEMENT COMMITMENT dari THE QUALITY MAGAZINE

 

 

2011

  • Peringkat Pertama INDONESIA MOST RECOMMENDED CITIES FOR BUSINESS 2011
  • Peringkat II INVESTMENT AWARD kategori Kelembagaan Tahun 2011

 

 

2009

 

  • Penghargaan bidang pendidikan kepada SMK Negeri Cerme : ANNEX 1 dari Vapro –OVP B.V Den Haag Netherlans
  • Asean Development Citra Award dari Lembaga resmi internasional
  • Juara I Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Nasional (Kelurahan Sukorame)
  • Rekor MURI Keramikisasi 118 rumah dan pavingisasi jalan lingkungan sepanjang 29,5 km
  • Penghargaan Kadin Award 2009 Kategori Nara Surya Utama
  • Piala Adipura yang Ke-5 dan Sekolah Adiwiyata Mandiri
  • Satya Lencana Pembangunan Bidang Pendidikan
  • PU Awards Bidang Pembinaan Jasa Konstruksi
  • Citra Bhakti Abdi Negara
  • Pengelolaan Rusunawa Terbaik Tingkat Nasional
  • Penghargaan Amal Bhakti Agama Islam
  • Indeks Kepuasan dan Rekomendasi sebagai 5 Besar dari 20 Kabupaten/Kota se-Indonesia (versi Majalah SWA)
  • Daerah Investasi peringkat 13 dari 100 daerah se-Indonesia (versi Majalah SWA)
  • Pelayanan Bisnis terbaik peringkat 5 dari 20 Kabupaten/Kota se-Indonesia (versi Malajah SWA)
  • Penghargaan KBK Terbaik I Propinsi Jawa Timur Kategori Administrasi Kelompok Budaya Kerja “Cabang Jariyah” Bagian Administrasi Pembangunan Setda. Kabupaten Gresik
  • Penghargaan KBK Terbaik II Propinsi Jawa Timur Kategori Administrasi Kelompok Budaya Kerja “Formasi” Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Gresik
  • Profesionalisme Award

 

 

2008

 

  • Penghargaan Adipura Bangun Praja dari Presiden RI
  • Penghargaan Sekolah Adiwiyata dari Presiden
  • Penghargaan Kabupaten Penggerak Koperasi dari Presiden RI
  • Peringkat I Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah bidang PU sub bidang pengelolaan irigasi
  • Peringkat II Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah bidang PU sub bidang penanganan pemukiman kumuh perkotaan
  • Peringkat III Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah bidang PU sub bidang penyelenggaraan jalan dan jembatan
  • Penghargaan Pembina Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja oleh Menakertrans
  • Penghargaan Pembina Program Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) Oleh MENAKETRANS RI
  • Penghargaan Adipura Bangun Praja Keempat dari Presiden RI
  • Penghargaan Unit Pelayanan Percontohan Jawa Timur untuk RSUD Ibnu Sina
  • Penghargaan Terbaik III Tingkat Kategori Pelayanan Barang/ jasa Propinsi Jawa Timur Kelompok Budaya Kerja “Mawar” RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik
  • Otonomi Award Kategori Unik dari JPIP
  • Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Jawa Timur

 

 

2007

 
  • Penghargaan Bintang Keteladanan Ahlak Mulia Kepada Bupati Gresik pada Tahun 2007
  • Penghargaan Adipura Bangun Praja Tahun 2007
  • Penghargaan Sekolah Adiwiyata Tahun 2007
  • Penghargaan Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dari Menakertrans RI Tahun 2007
  • Peringkat II Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah bidang PU sub bidang penyelenggaraan sanitasi Tahun 2007
  • Peringkat II Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah bidang PU sub bidang pembinaan jasa konstruksi Tahun 2007
  • Penghargaan Paramakarya Bidang Kualitas dan produktivitas Tahun 2007 dari Menakertrans
  • Penghargaan Kabupaten Penggerak Koperasi Tahun 2007
  • Penghargaan Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2007
  • Penghargaan Kabupaten Penggerak Koperasi

 

2006

 
  • Penghargaan Muri untuk Program Bedah Rumah
  • Penghargaan Lencana Panca Warsa
  • Peringkat I Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah bidang PU sub bidang penanganan pemukiman kumuh perkotaan
  • Peringkat III Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah bidang PU sub bidang pembinaan jasa konstruksi
  • Penghargaan Adipura Bangun Praja Kedua dari Presiden RI
  • Penghargaan Adiwiyata Pertama
  • Penghargaan Pemerintah Kabupaten Peduli Olahraga Jawa
  • Penghargaan Kinerja usaha Perbaikan Gizi Keluarga (UPGK)

 

2005

 
  • Penghargaan Adipura Bangun Praja Pertama dari Presiden RI

 

2004

 

  • Kesatriya Bhakti Husada Aratula
  • Penghargaan Aksara Oleh Persiden RI
  • Penghargaan Widya Krama Pratama Untuk Bidang Pendidikan
  • Penghargaan KPPOD Kategori Ketenagakerjaan $ Produktivitas Peringkat Terbaik Daya Tarik Investasi Kab. Di Indonesia

 

 

2003

 

  • Penghargaan Pembangunan Bidang Infrastruktur Fisik Kabupaten di Indonesia
  • Tanda Kehormatan Satya Lencana Pembangunan
  • Peringkat Terbaik Baya Tarik Investasi Kabupaten Di Indonesia
  • Penghargaan Widya Krama Pratama Untuk Bidang Pendidikan
  • Sepuluh Besar Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional
  • Manggala Karya Kencana

 

 

2002

 
  • Penghargaan Widya Krama Pratama Untuk Bidang Pendidikan
  • Juara III Tenaga Kerja Mandiri

 

2001

 
  • Penghargaan Pembangunan Bidang Kesehatan (Manggala Karya Bhakti Husada Arutala)

 

2000

 
  • Peraih Penghargaan Kalpataru untuk Kategori Penyelamat Lingkungan Tingkat Propinsi>Juara I Tenaga Kerja Mandiri Profesional