Makam Sunan Giri

Sunan Giri di masa mudanya bernama Joko Samudro atau Raden Paku, kemudian diberi julukan oleh Sunan Ampel atau Raden Rachmat dengan nama Ainul Yaqin, merupakan putra dari Syekh Maulana Ishaq dengan putri Raja Blambangan yang bernama Dewi Sekardadu.

Sunan Giri yang dikenal sebagai salah satu tokoh Walisongo mempunyai nama kecil Raden Paku atau Joko Samudro yang lahir pada Tahun 1442 M. Beliau memerintah Kerajaan Giri Kedaton dengan Gelar Prabu Satmoto pada tahun 1487-1506 M.

Menurut cerita tutur, Sunan Giri sebagai ulama besar mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap wali lainnya, terbukti dari peran beliau menjadi hakim dalam perkara Syech Siti Jenar.

Sunan Giri wafat pada tahun 1506 M, dan dimakamkan diatas bukit dalam cungkup berarsitektur yang sangat unik. Makam Sunan Giri terletak di Dusun Giri Gajah Desa Giri Kecamatan Kebomas berjarak 4 Km dari pusat Kota Gresik.

Komplek makam yang ada di puncak Bukit Giri ini berada di tengah-tengah makam keluarga dan masyarakat Giri. Lokasi tersebut dapat dijangkau denggan mudah oleh transportasi umum, dan dikawasan tersebut tersedia lahan parkir yang memadai, kios-kios aneka souvenir serta terdapat fasilitas penunjang berupa masjid Giri.

Secara keseluruhan lingkungan makam ini Nampak anggun dan berwibawa. Gapuro (pintu gerbang) berbentuk sepasang naga dengan Candra sangkala yang berbunyi “NOGO LORO WANANING TUNGGAL”

Setiap hari tidak pernah sepi peziarah, namun saat-saat yang paling banyak pengunjung adalah Setiap bulan Ramadhan dari awal sampai akhir, dan pada puncaknya adalah pada malam selawe (25 Ramadhan) sedangkan Haul beliau jatuh pada hari Jum’at terakhir bulan Maulud.

Benda-benda peninggalan – peninggalan Sunan Giri antara lain :

  • Pusaka yang sangat bertuah berupa keris bernama kolomunyeng.
  • Telaga Pegat yang airnya tidak pernah habis walaupun kemarau panjang.
  • Pohon mengkudu yang buahnya diyakini sebagian orang, memberikan isyarat bagi pasangan yang mendambakan keturunan.
  • Sajadah (alas sholat)

WISATA RELIGI MAKAM SUNAN GIRI