47 Kades di Gresik Deklarasi Dukungan Sukseskan Trijuang Pertanahan

Sebanyak 47 Kepala Desa dari Kecamatan Sidayu dan Dukun Kabupaten Gresik deklarasi bersama serta menandatangani deklarasi tesebut. Mereka masing-masing adalah 21 Kepala Desa dari Kecamatan Sidayu dan 26 Kepala Desa dari Kecamatan Dukun.

Disaksikan oleh Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto, Kepala BPN Gresik Asep Heri dan Kepala Kanwil BPN Propinsi Jawa Timur, Jonahar. Anggota Forkopimda Gresik, Dandim 0817 Gresik Letkol Infantri Taufik Ismail serta Wakapolres dan Kasi Intel Kajaksaan Negeri Gresik juga ikut menjadi saksi Pembacaan deklarasi tersebut berlangsung Di Ruang Mandala Bakti Praja Kantor Bupati Gresik pada Kamis (24/9).

Mereka mendeklarasikan untuk mendukung dan mensukseskan program strategis nasional dibidang pertanahan. Program tersebut yaitu trijuang pertanahan dengan mewujudkan pendaftaran tanah desa lengkap. Bersinergi melaksanakan program bersama Pemkab Gresik dan Kantor BPN Gresik.

Menurut Kepala BPN Gresik, 47 Desa di Kecamatan Sidayu dan Dukun ini adalah desa binaan yang bakal dijadikan percontohak pada program Trijuang ini. Ada 50 ribu bidang tanah yang bakal didaftar untuk program ini.

“Mulai besok kita akan memulai serentak pemasangan tapal batas bidang pada seluruh tanah yang akan didaftar. Kami berharap selama 3 bulan ini seluruh proses pendaftaran sudah bisa selesai. Kegiatan ini merupakan bagian dari digitalisasi data tanah yang merupakan program masa depan Pemerintah” katanya.

Untuk kegiatan pemasangan tapal batas ini, Asep Heri mengaku pihaknya sudah menyiapkan 150 ribu patok yang sudah disiapkan di masing-masing desa.

Pada kegiatan ini Bupati menyampaikan terima kasih kepada Jajaran Badan Pertanahan yang sudah banyak membantu masyarakat dalam memperoleh kepastian hukum tanah.

“Kepada Kepala Desa, Kami mibnta bekerja dengan sungguh-sungguh untuk mensukseskan program ini. Kami juga minta kepada pihak Badan pertanahan agar lebih menyederhanakan proses administrasi serta pembiayaannya, agar masyarakat tidak terbebani”. Yandas Bupati.

Kepala Kanwil BPN Propinsi Jawa Timur, Jonahar yang baru beberapa saat lalu bertugas di Gresik menyatakan sangat terkesan dengan Masyarakat Gresik khususnya Bupati Gresik.

“Saya merasa masyarakat Gresik dengan Badan Pertanahan Gresik tidak asing lagi. Bupati beserta BPN sepertinya sangat bersinergi dalam melaksanakan Trijuang dalam rangka mensukseskan program strategis Nasional. Program ini sangat penting dan bisa sukses apabila Kepala Desa, Kepala BPN dan Bupati saling mendukung dan bekerjasama. Kalau salah satu mereka tidak mendukung, niscaya program ini tidak bisa terlaksana” katanya. (sdm/edited by Diskominfo Kab. Gresik) 

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Artikel Serupa