Gencar Lakukan Pembinaan, Bu Min Harapkan Kualitas Pendidikan Dapat Lebih Ditingkatkan

17 Mar 2023

Gresik, 17 Maret 2023 - Penilaian layanan pendidikan di Gresik saat ini dinilai kurang maksimal. Ini terjadi karena kurangnya upaya dalam melayani masyarakat yang umumhya sering berinteraksi dengan sekolah. Untuk itu, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, melakukan pembinaan dalam rangka peningkatan pelayanan kualitas pendidikan di tingkat SD, Jumat (17/03).

Agenda ini diikuti oleh SD negeri dan swasta di wilayah kerja Kecamatan Bungah, Sidayu, Dukun, Ujungpangkah, dan Panceng yang berjumlah 93 SD. Rencananya, pembinaan ini akan mencakup seluruh lembaga pendidikan yang berada dibawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik.

Wabup mengatakan, terkait layanan pendidikan, Pemerintah Kabupaten Gresik masih belum dapat sepenuhnya memberikan bantuan 100%. Maka, dirasa perlu untuk saling bekerjasama antar pemerintah dan sekolah, sehingga dapat menciptakan inovasi yang menarik dalam meningkatkan kualitas sekolah masing-masing.

"Intinya, harus ada kolaborasi dan sinergi antar instansi pendidikan dan kepala sekolah. Tetap saling belajar satu sama lain dan jangan minder. Yang muda tanya kepada yang senior dan yang senior jangan pelit ilmu." ujar wabup yang akrab disapa Bu Min itu.

Menurut Bu Min, koordinasi menjadi hal yang penting dalam meratakan tingkat pelayanan di sekolah. Ini dikarenakan, penilaian kedepan akan berbasis sampling. Dimana hanya beberapa sekolah yang dinilai sebagai rujukan.

"Nanti penilaian kedepan akan berbentuk sampling. Jadi tidak semua lembaga yang dinilai, tapi hanya beberapa saja. Maka, apabila sekolah yang dijadikan sample dinilai jelek, otomatis sekolah yang lain terkena imbasnya." ucapnya.

Oleh karenanya, upaya dalam mensinkronkan dokumen antar sekolah juga menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Disisi lain Bu Min juga mensoroti 70% infrastruktur sekolah di Gresik yang kurang layak. Kedepannya, Bu Min bersama jajaran dinas terkait akan berkolaborasi untuk mengupayakan hal tersebut.

Ditempat yang sama, Kadispendik Gresik S. Haryanto mengatakan, solusi dalam mengembangkan sarpras sekolah dapat dengan memanfaatkan dana CSR industri sekitar dan ikut serta dalam program UPZ.

"Memang kita sadari bersama, kita masih banyak kekurangan. Karena kalau menggantungkan APBN dan APBD saat ini cukup sulit, karena jatahnya agak dikurangi pusat untuk refocusing yang lain." ujar Kadispendik.

Sementara itu, Kadispendik berharap agar hal tersebut tidak membuat proses pendidikan kendor. Dia berpesan agar seluruh lini dapat memberikan yang terbaik sebagai fasilitator pendidikan.

"Untuk para kepala sekolah, pengawas, dan penilik, ayo coba memberikan pelayanan dari hati. Jangan sampai pilih kasih dan berakibat menelantarkan anak didik kita. Karena kita ini bekerja dalam rangka menjadi fasilitator untuk anak didik kita" pungkasnya.

Selain Bu Min dan Kadispendik, agenda kali ini juga dihadiri oleh Kepala Bidang Kependidikan Muntadhim Muttaqwa, Pengurus KKKS Kecamatan Bungah, Sidayu, Ujungpangkah, Dukun, dan Panceng, serta Kepala Sekolah SD Negeri dan Swasta Wilker Utara. (tlh/edited by Diskominfo Kab. Gresik)

BERITA LAINNYA

28 Mar 2024
New
Kementerian PPPA Usulkan 15 Poin RKPD 2025 Dalam Musrenbang Perempuan Gresik 2024

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menggelar Musyawarah Nasinonal (Munas) 2024 pada 26-27 Maret 2024 secara daring (online). Forum tersebut dapat menjadi wadah bagi para perempuan di daerah dalam menyusun perencanaan pembangunan.

Inti dari pembahasan Mun ...

27 Mar 2024
New
Bupati Fandi Akhmad Yani Berikan Reward Rp 9,2 Miliar Untuk Peraih Medali Porprov Jatim 2023

Gresik - Pemerintah Kabupaten Gresik melalui Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparekrafbudpora) menyerahkan bonus bagi 379 atlet dan official sebesar Rp 9,2 miliar untuk peraih medali  Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII 2023.

Penyerahan bo ...

27 Mar 2024
New
Raih Adipura Bupati Gresik Berikan Tali Asih Kepada Petugas Kebersihan dan Pertamanan DLH

Gresik, 27 Maret 2024 - Sebanyak 500 petugas kebersihan dan pemeliharaan taman pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gresik, menerima tali asih berupa sembako dan uang tunai dari Bupati Fandi Akhmad Yani di TPA Kelurahan Ngipik, Rabu, (27/3/2024).

Pemberian tali asih oleh bupati seb ...

call