Bupati Gresik Ajak Perangi Bullying, Pelecehan Seksual dan Intoleran di Lingkungan Pendidikan

18 Jul 2023

Gresik, 18 Juli 2023 - Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani, mengajak para pemangku kepentingan. Untuk bersama sama perangi bullying, pelecehan seksual dan intoleran di lingkungan pendidikan.

Hal tersebut disampaikan bupati dalam sambutannya, usai mengukuhkan Forum Komunikasi Transisi PAUD-SD Kabupaten Gresik masa bhakti 2023 - 2026 di Hotel Front One, Selasa (18/7/2023).

"3 hal ini harus kita perangi untuk menuju sistem penyelenggaraan pendidikan yang bermutu, berkualitas dan inovatif, "ungkap Gus Yani sapaan akrab Bupati Gresik.

Lebih lanjut bupati mengatakan, transisi anak dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) perlu diperhatikan oleh guru dan orang tua. 

"Transisi PAUD-SD merupakan proses perpindahan peran anak sebagai peserta didik PAUD menjadi peserta didik SD. Serta penyesuaian diri anak dengan lingkungan belajar baru, "kata bupati.

Menurut bupati, transisi PAUD- SD perlu diperhatikan. Karena PAUD sebagai pondasi jenjang pendidikan dasar yang membutuhkan kesinambungan stimulasi sosial emosional, bahasa motorik dan kognitif. Sampai kegiatan pembelajaran di jenjang berikutnya.

Guna membangun koordinasi antara PAUD-SD secara sistemik dan berkelanjutan, maka dibutuhkan dukungan dari berbagai pemangku kepentingan.

"Ini dilakukan untuk menyelaraskan praktik-praktik pembelajaran di SD agar dapat mendukung pembelajaran di PAUD dan sebaliknya, "ungkapnya.

Dikatakan, setelah pengurus dikukuhkan, artinya kita mempunyai tanggung jawab bersama dan punya peran strategis dalam membuka sistem PAUD yang menyenangkan. Ini harus terus kita sosialisasikan hingga pelosok desa baik di daratan maupun kepulauan.

"Mudah-mudahan forum komunikasi masa transisi PAUD-SD  ini menciptakan generasi yang unggul dan berkembang, "harapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik S. Hariyanto, dalam laporannya menyampaikan. Untuk mensukseskan program PAUD-SD maka perlu dibentuk Forum Komunikasi Transisi PAUD-SD di semua Kabupaten/Kota. Agar program tersebut berjalan efektif, maksimal dan tersosialisasikan ke seluruh masyarakat.

Program ini memuat 3 hal penting diantaranya menghilangkan tes calisting, masa orientasi 2 pekan dan pembelajaran yang membangun 6 kemampuan fondasi anak.

Enam kemampuan fondasi tersebut terdiri dari : 
1. Mengenal nilai agama dan Budi pekerti.
2. Keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi.
3. Kematangan emosi untuk berkegiatan di lingkungan belajar.
4. Kematangan kognitif untuk melakukan kegiatan belajar, pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri untuk berpartisipasi di lingkungan belajar secara mandiri.
5. Pemaknaan belajar adalah suatu hal menyenangkan dan positif.

Menurut dirinya, proses enam fondasi ini perlu dikuasai oleh anak dan diajarkan oleh satuan pendidikan. Serta dibangun secara berkelanjutan mulai dari PAUD hingga SD. 

"Dengan demikian, anak-anak akan memiliki landasan yang kuat untuk menghadapi pendidikan lanjutan dan mengembangkan potensi mereka secara optimal, "pungkasnya.

Turut mendamping Bupati Gresik, Ketua TP PKK sekaligus Bunda PAUD Kabupaten Gresik Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani, Kepala Dinas KBPP&PA dr. Titik Ernawati, Kepala Dinas Kesehatan Mukhibatul Khusnah, Sekretaris Dinas Pendidikan Herawan, serta guru PAUD dan Himpaudi Kabupaten Gresik.(dvd/edited by Diskominfo Kab. Gresik).

BERITA LAINNYA

29 Feb 2024
New
Diresmikan Bupati Fandi Akhmad Yani, TPST Belahanrejo Jadi Bukti Serius Pemkab Gresik Tangani Sampah Dari Hulu Hingga Hilir

Gresik, 29 Februari 2024 - Penanganan sampah menjadi salah satu fokus utama program kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, dibawah nahkoda Bupati Fandi Akhmad Yani. Terbaru, Bupati Yani meresmikan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di Desa Belahanrejo, Kecamatan Kedamean, Kamis (29/02). ...

29 Feb 2024
New
Baznas Award 2024, Bupati Gresik Dinobatkan Sebagai Kepala Daerah Pendukung Gerakan Zakat

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI kembali memberikan apresiasi dan penghargaan melalui Baznas Award 2024 yang digelar hari ini, Kamis (29/02) di Bidakara Ballroom, Jakarta.

Ada sejumlah kategori penghargaan, diantaranya Kepala Daerah Pendukung Gerakan Zakat, Lembaga Amil Zakat (LAZ) t ...

28 Feb 2024
New
Momentum HUT Pemkab dan Hari Jadi Kota Gresik, Bupati Gus Yani Apresiasi Keterlibatan Masyarakat Dalam Membangun Gresik

Gresik, 28 Februari 2024 - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menjadi Inspektur Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kabupaten Gresik yang ke-50 dan Hari Jadi Kota Gresik yang ke-537. Peringatan dua momen istimewa tersebut mengusung tema "Harmoni Gresik Baru Lebih Maju". Kegiatan digelar di hal ...

call