Bupati Gresik Luncurkan Go Tani, Sebuah Aplikasi Transaksi BBM Ekslusif Untuk Nelayan Gresik

23 Dec 2022

Gresik, 23 Desember 2022 - Setelah Stasiun Bahan Bakar Nelayan (SPBN) berdiri, kini Kabupaten Gresik luncurkan Go Tani. Sebuah aplikasi pendataan transaksi bahan bakar berbasis online untuk para nelayan. Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan, melalui Go-Tani, akan memudahkan rekapitulasi data transaksi BBM nelayan.

Dalam pengaplikasiannya, aplikasi Go Tani akan digunakan oleh operator SPBN. Nantinya, para nelayan akan mendapatkan kartu Go Tani yang dapat digunakan dalam bertransaksi. Hal ini diungkapkan bupati saat peluncuran Go-Tani di Balai Desa Campurejo, Kecamatan Panceng, Jumat (23/12).

"Melalui kartu Go Tani, pencatatan transaksi BBM akan lebih mudah. Sehingga, nantinya kami dapat melaporkan kepada Kementrian Kelautan dan Perikanan bahwa penyerapan BBM Solar diterima langsung oleh nelayan." ujarnya.

Bupati berharap, dengan adanya data valid penerimaan BBM, maka akan ada penambahan distribusi kuota BBM dari pusat. Untuk mendukung hal tersebut, di tahun 2023 depan, Gus Yani sapaan akrab bupati akan memperbanyak SPBN di Gresik.

"Maka dengan aplikasi ini serta bersama-sama BUMD Gresik Migas, akan membangun SPBN selanjutnya yang berlokasi di Kelurahan Lumpur, Pulau Mengare, dan Kecamatan Ujungpangkah." ujar Gus Yani.

Di waktu yang sama, bantuan sosial 1.000 sembako tahap 3 untuk nelayan juga diberikan. Terlihat ada 170 nelayan Campurejo yang merasa senang atas pembagian bansos ini.

"Kami senang mendapatkan sembako gratis ini. Karena memang sekarang kondisi laut sedang kurang baik, jadi susah untuk melaut." ucap salah satu nelayan Campurejo Muchtar.

Selanjutnya, 1.000 bansos tersebut juga akan diberikan secara langsung di 7 titik lainnya. Masing-masing adalah Kecamatan Ujungpangkah, Sidayu, Bungah, Duduksampeyan, Manyar, Gresik, dan Kebomas. Ini merupakan bansos terakhir yang didistribusikan langsung kepada para nelayan di tahun 2022.

Turut serta hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Perikanan Moh. Nadlilah, Dirut Bank Gresik, Perwakilan PT. Gresik Migas, Perwakilan PDAM Gresik, Forkopimcam Panceng, dan Kepala Desa Campurejo. (tlh/edited by Diskominfo Kab. Gresik)

BERITA LAINNYA

28 Mar 2024
New
Kementerian PPPA Usulkan 15 Poin RKPD 2025 Dalam Musrenbang Perempuan Gresik 2024

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menggelar Musyawarah Nasinonal (Munas) 2024 pada 26-27 Maret 2024 secara daring (online). Forum tersebut dapat menjadi wadah bagi para perempuan di daerah dalam menyusun perencanaan pembangunan.

Inti dari pembahasan Mun ...

27 Mar 2024
New
Bupati Fandi Akhmad Yani Berikan Reward Rp 9,2 Miliar Untuk Peraih Medali Porprov Jatim 2023

Gresik - Pemerintah Kabupaten Gresik melalui Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparekrafbudpora) menyerahkan bonus bagi 379 atlet dan official sebesar Rp 9,2 miliar untuk peraih medali  Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII 2023.

Penyerahan bo ...

27 Mar 2024
New
Raih Adipura Bupati Gresik Berikan Tali Asih Kepada Petugas Kebersihan dan Pertamanan DLH

Gresik, 27 Maret 2024 - Sebanyak 500 petugas kebersihan dan pemeliharaan taman pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gresik, menerima tali asih berupa sembako dan uang tunai dari Bupati Fandi Akhmad Yani di TPA Kelurahan Ngipik, Rabu, (27/3/2024).

Pemberian tali asih oleh bupati seb ...

call