DESA KEDUNGPRING

Kantor :

  • Jl.Raya Surojenggolo No.26 Kedungpring Balongapnggang Gresik 611
  • desa.kedungpring007@gmail.com

kepala DESA KEDUNGPRING

PRIYONO

NIP : Periode : Tahun 2019 - 2025

Dana Desa Tahun 2019 : Rp. 727.054.000,00

Visi

” Terwujudnya Masyarakat Desa Kedungpring Yang Bertaqwa Mandiri Dan Sejahtera. “

MISI

  1. Melaksanakan/mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara sebagai wujud peningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Meningkatkan kemandirian masyarakat melalui pengembangan sektor pertanian dan perdagangan  yang berorientasi pada mekanisme pasar.
  3. Pemberdayaan ekonomi masyarakat khususnya UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang memiliki daya saing tinggi.
  4. Terwujudnya peningkatan kualitas kehidupan masyarakat yang sejahtera dengan  terpenuhinya kebutuhan pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan dan  lapangan kerja.
  5. Mengembangkan kehidupan masyarakat untuk terwujudnya tatanan masyarkat yang taat kepada peraturan per Undang-Undangan dalam rangka meningkatkan kehidupan masyarakat yang aman, tertib, tentram dan damai serta meningkatakan persatuan dan kesatuan dalam wadah negara kesatuan Republik Indonesia
  6. Meningkatkan kemampuan, kemajuan dan kemandirian dalam penyelenggaraan otonomi desa yang sehat dan bertanggung jawab, dengan didukung oleh penyelenggaran pemerintahan Desa yang bersih, transparan dan Akuntable

Tugas

Fungsi

GEOGRAFIS

Wilayah Desa Kedungpring terletak pada wilayah dataran Rendah Dengan kordinat antara ….. , dengan luas 20.840 km2 atau 208,4 ha, dengan batas-batas wilayah, sebagai berikut:

  • Sebelah Utara               :   Desa Balongpanggang
  • Sebelah Timur               :    Desa Pucung
  • Sebelah Selatan            :    Desa Wahas
  • Sebelah Barat               :    Desa Mojogede

Pusat pemerintahan desa Kedungpring terletak di dusun Wates RT0.1/RW 01 dengan menempati areal lahan seluas 2000 M2


SEJARAH

Desa Kedungpring merupakan salah satu dari 25 desa  yang terletak wilayah administrasi kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik

Kedungpring adalah sebuah desa yang berada di Kecamatan Balongpanggang  Kabupaten Gresik. Di desa Kedungpring mayoritas mata pencaharian penduduknya adalah petani. Kedungpring dibagi menjadi 4 (empat) dusun, yakni Dusun Kedungpring, Dusun Pilangrejo , Dusun Wates . Dusun Kedungrukun.  Dari ke 4 (empat)  pembagian tersebut, masing-masing dusun memiliki sejarah dan asal muasal yang berbeda dan  dusun Kedungpring lah yang memiliki asal muasal paling tua dibandingkan dengan dusun yang lain. Dengan kearifan lokal para sesepuh pada saat itu ke 4 (empat)  dusun tersebut dijadikan menjadi satu yaitu Desa Kedungpring, berikut ini asal muasal desa Kedungpring .

Menurut para tetua desa, dahulu kala  Kedungpring merupakan daerah  belum  berpenghuni yang lingkungannya banyak ditumbuhi pepohonan Bambu yang lebat disepanjang aliran sungai yang membetang di daerah itu.

Nama Desa Kedungpring sendiri menurut cerita diambil berdasarkan setiap Tikungan sungai dalam bahasa jawa (KEDUNG) atau ditumbuhi pohon bambu dalam bahasa jawa (PRING) , sejak saat itu untuk menandai hal tersebut diabadikan menjadi tetenger (penanda) untuk menjadi  nama desa  yaitu Kedungpring. Berawal dari situlah sebagai bentuk penghargaan pada dusun Kedungpring yang merupakan cikal bakal berdirinya Desa Kedungpring kemudian dijadikan nama desa

Setelah Indonesia merdeka, desa Kedungpring telah mengalami beberapa masa kepemimpinan, yaitu:

Masa Kepemimpinan Kepala Desa

1. H.ABDUL LATIF : 1928-1954
2. RAMAT : 1954-1958
3. GIMO : 1958-1965
4. H.AFFANDI LATIF : 1966-1973
5. HENDRO SUWARNO : 1974-1984
6. H.DJAINURI : 1984-1983
7. Ir.GATOT EFFENDI : 1993-2006
8. SRIANAH : 2007-2013
9. PRIYONO: 2013-2025

POTENSI DESA

Pembentukan wisata desa Kuliner yang diberi nama Rest Area Kedungpring yang saat ini sudah mampu mencuri perhatian Publik  baik masyarakat sekitar kecamatan maupun diluar kecamatan, karena Desa Kedungpring terletak di segitiga emas perlintasan 3 kabupaten GRESIK-LAMONGAN-MOJOKERTO. Inovasi Pemerintah Desa ini dengan membuka Rest Area diharapkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru dan peluang usha baru bagi masyarakat sekitar sehingga mengurangi angka pengangguran di Desa Kedungpring. Adanya lokasi Rest Area dan sentra kuliner yang sedang dalam pengembangan ini juga merupakan suatu potensi Desa Kedungpring menjadi Desa Wisata.


TRANSPARASI ANGGARAN

Pemerintah Desa Kedungpring, terdiri dari :

1. Kepala Desa
PRIYONO
2. Sekretariat Desa
DEBY ISWAHYUDI
– Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum
KHOIRUL HUDAH
– Kepala Urusan Keuangan
LAILATUL ANIFAH
– Kepala Urusan Perencanaan
MOH.NAIM
3. Kepala Seksi Pemerintahan

4. Kepala Seksi Kesejahteraan
MOH.ZENAL.A
5. Seksi Pelayanan
RULIS DWIYANTI
6. Kepala Dusun Pilangrejo
AHMAD KHOIRI
7. Kepala Dusun Wates
DIDIK
8. Kepala Dusun Kedungrukun
RIYONO
9. Kepala Dusun Kedungpring
RAHMAN HERY