DESA WONOREJO

Kantor :

  • Desa Wonorejo RT: 02 RW : 01
  • -
  • -
  • -

2019 – 2025 DESA WONOREJO

H. ROTO

PANGKAT : Kepala Desa

Visi

Gotong Royong Membangun Desa Wonorejo Yang Jujur,Adil,Sejahtera,Berbudaya Dan Berakhlak Mulia

MISI

  1. Meningkatkan kehidupan masyarakat bernuansa agamis yang berprilaku santun dan saling menghormati yang dilandasi oleh nilai-nilai agama dan keimanan masing-masing.
  2. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi berbasis keunggulan lokal dan global.
  3. Meningkatkan pelayanan yang adil dan merata serta mewujudkan kesamaan hak dan kuwajiban secara proposional dalam segala aspek kehidupan tanpa membedakan latar belakang suku, agama, ras dan golongan.

Tugas

Fungsi

Dana Desa Tahun 2019 : Rp. 778.176.000,00

GEOGRAFIS

Wonorejo Kecamatan Balongpanggang wilayah dengan ketinggian +  20 meter diatas permukaan laut adalah salah satu desa yang berada disebelah  Selatan Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur Indonesia. Lokasi sebelah selatan berbatasan dengan Desa Tanahlandehan Kecamatan Balongpanggang, sebelah utara berbatasan dengan Desa Wahas Kecamatan Balongpanggang dan sedangkan sebelah timur berbatasan dengan Desa Sekarputih Kecamatan Balongpanggang, sebelah barat berbatasan dengan Desa Bandungsekaran Kecamatan Balongpanggang.

Diwilayah Desa Wonorejo Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik sebagian besar merupakan dataran rendah yang yang berbentuk tanah pertanian sehingga pada umumnya masyarakat mengolah dan mempergunakan tanah tersebut sebagai sawah, kebun dan lain-lain yang mana di sepanjang desa – desa, sehingga Desa Wonorejo Kecamatan Balongpanggang mempunyai tanah yang subur. Para petani juga memanfaatkan HIPPA Pengairan Waduk GOGOR untuk pengairan sawah mereka. Pertanian di Desa Wonorejo Kecamatan Balongpanggang sangat maju. Hampir setiap penduduk di Desa Wonorejo Kecamatan Balongpanggang mempunyai sawah dan komoditi terbesar mereka adalah padi dan Kangkung. Di desa ini juga terkenal  dengan komoditas pertaniannya yakni tanaman Holtikultura dan biji kangkung. Selain pertanian Desa Wonorejo  Kecamatan Balongpanggang juga terkenal dengan Home Indsutri yang berupa kerajinan berupa  Almari Dari Kayu Limbah.

Secara administratif, Wonorejo  terletak di wilayah Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik dengan posisi dibatasi oleh wilayah desa-desa tetangga, yaitu :

  • Sebelah Utara             : Desa Wahas Kecamatan Balongpanggang
  • Sebelah Barat             : Desa Bandungsekaran Kecamatan Balongpanggang
  • Sebelah Selatan          : Desa Tanahlandehan Kecamatan Balongpanggang
  • Sebelah Timur             : Desa Sekarputih Kecamatan Balongpanggang

Jarak tempuh Desa Wonorejo ke Ibukota Kecamatan adalah 5 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 8 Menit. Sedangkan jarak tempuh ke Ibukota Kabupaten adalah 38 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar +1.5 jam.

Wilayah Desa Wonorejo terdiri dari 5 RW yaitu : yang masing-masing dipimpin oleh seorang Ketua RW. Posisi Ketua RW menjadi sangat strategis seiring banyaknya limpahan tugas desa kepada aparat ini. Dalam rangka memaksimalkan fungsi pelayanan terhadap masyarakat di Desa Wonorejo, dari kelima  RW tersebut terbagi menjadi 10 Rukun Tetangga (RT).

Keberadaan Rukun Tetangga (RT) sebagai bagian dari satuan wilayah pemerintahan Desa Wonorejo memiliki fungsi yang sangat berarti terhadap pelayanan kepentingan masyarakat wilayah tersebut, terutama terkait hubungannya dengan pemerintahan pada level di atasnya, akan tetapi sampai saat ini keberadaan pengurus Rukun Tetangga (RT) kinerjanya belum maksimal.


​SEJARAH

Asal usul nama Dusun Wonorejo menurut cerita warga adalah nama sebuah Hutan /perkampungan kecil yang ramai dengan aktifitas orang di tempat itu.. dengan bahasa jawa Wono=Alas(Hutan) Rejo=Rame(Ramai) dan sebelah timur dari Wonorejo Terdapat pemukiman kecil Yang ada pohon Besar pohon itu pohon Mojo yg berbuah yg Rasanya pahit dan banyak terkumpul batu besar hitam yg sulit untuk di pecahkan di bawah pohon dan pemukiman warga dan dengan kesepakatan sekelompok orang di situ di sebutlah dengan nama Mojogandik Yang artinya Mojo=pohon mojo dan Gandik=batu hitam.

Di sebelah barat dusun wonorejo terdapat pemukiman kecil yg terdapat dua rumah warga yg sering ter dapat anak harimau yg keluar masuk dari hutan yg hutan itu tidak lain adalah hutan yg ramai yaitu Wonorejo dan sesui dengan kesepakatan di berilah nama dusun tersebut dengan nama dusun Gogor yang artinya anak harimauyang sekarang dipimpin oleh seorang kepala dusun atau lebih dikanal dengan sebutan Kepolo atau Bau.

Seiring dengan berkembangnya jaman ketiga dusun tersebut menjadi satu desa dengan sebutan Desa wonorejo

Masa Kepemimpinan Kepala Desa
1. Nap
2. Ajib
3. sujono
4. Kusman : 1991-1999
5. H.Edi : 1999-2013
6. Sawoto : 2013-2019
7. H.Roto : 2019-2025

PENGHARGAAN

  • 1995 : Juara 1 Tingkat Nasional Kedelai diberikan oleh Presiden Suharto

KULINER

Desa Wonorejo mempunyai makanan dan minuman yang khas, antara lain:

  • Kripik Singkong
  • Tempe
  • Opak jepit
  • Rempeyek
  • Pentol
  • Krupuk Puli

Sedangkan minuman khas Desa Wonorejo adalah :

  • Jamu
  • Kopi khas yang tersedia di warung-warung kopi yang tersebar hampir di setiap sudut gang.

PRODUK UNGGULAN

Disamping terkenal sebagai desa penghasil Padi Dan tanaman Holtikultira / Kangkung Biji Desa Wonorejo juga mempunyai produk-produk unggulan, diataranya:

  • Kerajinan Almari Kayu dari daur ulang kayu bekas limbah paprika.

TRANSPARASI ANGGARAN

  • APBDES Pemerintah Desa Wonorejo Tahun 2019
Pemerintah Desa Wonorejo, terdiri dari :

1. Kepala Desa
H. ROTO
2. Sekretariat Desa
TAKI
– Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum
BUDIONO
– Kepala Urusan Keuangan
IRA BUDI
– Kepala Urusan Perencanaan
H.KASAN
3. Kepala Seksi Pemerintahan
H.JAMAL
4. Kepala Seksi Kesejahteraan

5. Seksi Pelayanan
ANDIK
6. Kepala Dusun Wonorejo
SUTIYO
7. Kepala Dusun Mojogandik
TAYIB
8. Kepala Dusun Gogor
TESNO