Bila Idul Fitri adalah lentera, izinkan membuka tabirnya dengan maaf agar cahayanya menembus jiwa fitrah dari tiap khilaf

home / pemda / dinas / pendidikan

DINAS PENDIDIKAN

Alamat : Jl. Arif Rahman hakim No. 2 Gresik

Telp/Fax : (031) 3981315 / (031) 3978404

Email : dispendik@gresikkab.go.id

Website : dispendik.gresikkab.go.id


 

Kepala Dinas Pendidikan

Nama : MAHIN, S.Pd, MM

Pangkat : Pembina Tk. I(IV/b)

NIP : 19610625 198403 1 003

 


Visi:

Tersedianya pendidikan bermutu untuk semua dan berkelanjutan yang dapat melahirkan generasi agamis dan berkehidupan yang berkualitas

Misi:

  1. Mengoptimalkan pembinaan agama sampai pada tataran perilaku ;
  2. Meningkatkan pemerataan dan kualitas pendidikan formal dan non formal;
  3. Mendorong terjadinya peningkatan kualitas sumber daya manusia di lingkungan Dinas Pendidikan;
  4. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan pendidikan.

 


Tugas:

membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pendidikan.

Fungsi:

  1. pelaksanaan pengkoordinasian penyusunan kebijakan dan program urusan di bidang pendidikan;  
  2. pengkoordinasiaan pelaksanaan kebijakan urusan di bidang pendidikan;
  3. pengkoordinasian pelaksanaan pelayanan administrasi urusan di bidang pendidikan;
  4. pengkoordinasian pelaksanan kebijakan urusan di bidang pendidikan;
  5. pengkoordinasian pelaksanan pembinaan dan fasilitasi di bidang pendidikan;
  6. pengkoordinasian pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan urusan di bidang pendidikan;
  7. pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan bidang tugasnya.

TUGAS UPT :

Kepala UPT mempunyai tugas membantu Kepala Dinas atau Kepala Badan dalam melaksanakan tugas teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang yang mempunyai wilayah kerja1(satu) atau beberapa kecamatan.

 

FUNGSI UPT :

Kepala UPT Dinas atau Badan, menyelenggarakan fungsi:

  1. pelaksanaan koordinasi tugas teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya;
  2. penyusunan usulan bahan kebijakan dan perencanaan program dan kegiatan;  
  3. pelaksanaan kebijakan teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya;
  4. pelaksanaan pelayanan administrasi teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya;
  5. pelaksanaan pengendalian kegiatan dan kebijakan teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya;
  6. pelaksanan pembinaan dan fasilitasi kegiatan dan kebijakan teknis teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya;
  7. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan dan kebijakan teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang di wilayah kerjanya; dan
  8. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas atau Badan yang membidangi  sesuai dengan bidang tugasnya.

 

UPT Wilayah Tertentu

1. TUGAS :

mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas teknis operasional Dinas Pendidikan yang berada di wilayah Kecamatan.

2. FUNGSI :

  1. pelayanan tugas-tugas administrasi dan ketatausahaan;
  2. pengelolaan dan penganalisaan data pendidikan di wilayah kecamatan;
  3. pelaksanaan pelayanan administrasi kepegawaian tenaga teknis, non teknis dan fungsional;
  4. pelaksanaan pembinaan, pengawasan, dan penilaian kegiatan penyelenggaraan pendidikan formal, non formal, dan informal;
  5. pemantauan terhadap pemanfaatan, pemeliharaan, perbaikan/rehabilitasi gedung dan sarana prasarana pendidikan; dan
  6. pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Pendidikan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

UPT Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar  

1. TUGAS :

mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Pendidikan dalam menyelenggarakan satuan pendidikan non formal di bidang kelompok balajar Paket A, Paket B dan Paket C.

2. FUNGSI :

  1. pelaksanaan penyusun program dan kegiatan satuan pendidikan non formal Sanggar Kegiatan Belajar kelompok balajar Paket A, Paket B dan Paket C;
  2. penyelenggaraan pengelolaan dan pemberdayaan satuan pendidikan non formal Sanggar Kegiatan Belajar kelompok balajar Paket A, Paket B dan Paket C;
  3. pengembangan kapasitas dan kualitas satuan pendidikan non formal Sanggar Kegiatan Belajar kelompok balajar Paket A, Paket B dan Paket C;
  4. peningkatan kualitas tenaga pendidik dan pengembangan sistem pembelajaran satuan pendidikan non formal Sanggar Kegiatan Belajar kelompok balajar Paket A, Paket B dan Paket C;
  5. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pengelolaan  satuan pendidikan non formal Sanggar Kegiatan Belajar kelompok balajar Paket A, Paket B dan Paket C;
  6. pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Pendidikan sesuai dengan bidang tugasnya.

UPT Resource Centre 

1. TUGAS :

melaksanakan sebagian tugas Dinas Pendidikan dalam memberikan dukungan bagi anak berkebutuhan khusus dalam sistem layanan pendidikan, advokasi dan aktualisasi diri dimanapun anak berada serta layanan terhadap masyarakat dan lembaga lain yang memerlukan.

2. FUNGSI :

  1. pelaksanaan penyusunan program dan kegiatan dalam memberikan dukungan anak berkebutuhan khusus, sistem layanan pendidikan, advokasi, aktualisasi diri, dan layanan terhadap masyarakat maupun lembaga;
  2. pelaksanaan penghimpunan bahan dalam penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria dalam memberikan dukungan anak berkebutuhan khusus, sistem layanan pendidikan, advokasi, aktualisasi diri, dan layanan terhadap masyarakat maupun lembaga;
  3. pelaksanaan kebijakan, program, dan kegiatan dalam memberikan dukungan anak berkebutuhan khusus, sistem layanan pendidikan, advokasi, aktualisasi diri, dan layanan terhadap masyarakat maupun lembaga;
  4. pengembangan kapasitas dan kualitas dalam rangka memberikan dukungan anak berkebutuhan khusus, sistem layanan pendidikan, advokasi, aktualisasi diri, dan layanan terhadap masyarakat maupun lembaga;
  5. pelaksanaan evaluasi, monitoring, pelaporan dan pengawasan dalam pelaksanaan program dan kegiatan pemberian layanan dukungan anak berkebutuhan khusus, sistem layanan pendidikan, advokasi, aktualisasi diri, dan layanan terhadap masyarakat maupun lembaga; dan
  6. pelaksanaan tugas dinas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Pendidikan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

 


Struktur Organisasi

Susunan Organisasi Dinas Pendidikan terdiri dari:

  1. Kepala Dinas.
    • MAHIN, S.Pd., M.M / Pembina Tk.I (IV/b)
    • NIP. 19610625 198403 1 003
  2. Sekretaris.
    • Drs.NUR IMAN SHOLEH, M.M./ Pembina Tk. I (IV/b)
    • Nip. 19620304 198803 1 017
  3. Sekretariat, terdiri dari:
    1. Subbagian Umum dan Kepegawaian
      • SUNARTININGSIH, S.Pd., MM. / Penata Tk.I (III/d)
      • Nip. 19650325 198702 2 002
    2. Subbagian Program dan Pelaporan;
      • Drs. RONNY A.PANGANDAHENG, M.Pd / Pembina (IV/a)
      • Nip. 19630426 199003 1 004
    3. Subbagian Keuangan.
      • NANANG HARIAWAN, SE., MM / Penata (III/c)
      • NIP. 19710525 199103 1 007
  4. Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan, terdiri dari: