DESA SIDOGEDUNGBATU

Nama Instansi : Desa Sidogedungbatu

Alamat : Jln. Raya Sidogedungbatu Dsn. Batusendi, Desa Sidogedungbatu

Telp/Fax : 0325-424551

Email : desasidogedungbatu@gmail.com

Produk Unggulan : Kerajinan Tangan


 

KEPALA DESA SIDOGEDUNGBATU

Nama Lengkap: MUADZ ABKAR M, S.H

Periode : Tahun 2013-2019


NAMA DAN JABATAN PERANGKAT DESA

Nama

Jabatan

MUADZ ABKAR M, S.H

Kepala Desa

ZAENUL HAQ, S.Sy.

Sekretaris Desa

IDA RAFIQAH

Kaur Pemerintahan

MOHAMMAD HASIBUAN, S.Pi.

Kaur Tata Usaha dan Umum

ABD. FATTAH

Kaur Keuangan

RENI SYAUKIYAH, S.H.

Kasi Kesra

AYATULLAH BAHRESYI

Kasi Perencanaan

MAWARDI

Kasi Pelayanan

MASILA

Kasun Gili

SUPAR

Kasun Pamuna

SUHAIMI, S.Pd.I

Kasun Batusendi

EMRAN

Kasun Pancur

KAIMUDDIN

Kasun Guntung

SAHLAN, S.Pd.I.

Kasun Sumbertorak

DARUL FAIZIN, S.Pd.I

Kasun Tebusala

MUFIDATUL UMMAH

Kasun Timuran


VISI, MISI DESA

Visi :

“Desa Sidogedungbatu Yang Religius, Berpendidikan, Makmur, Dan Terbuka.

Misi :

  1. Mewujudkan dan mengembangkan kegiatan keagamaan untuk menambah keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  2. Mewujudkan dan mendorong terjadinya usaha kerukunan antar dan intern warga masyarakat yang disebabkan karena adanya perbedaan, keyakinan, organisasi, dan lainnya dalam suasana saling menghargai dan saling menghormati;
  3. Membangun dan meningkatkan hasil pertanian dengan jalan penataan pengairan, pembangunan jalan usaha tani (JUT), penyediaan pupuk, dan perlatan pertanian;
  4. Menata pemerintahan desa Sidogedungbatu yang kompak dan bertanggungjawab dalam mengemban amanat masyarakat;
  5. Meningkatkan pelayanan masyarakat secara terpadu dan serius;
  6. Mencari dan menambah debet air untuk mencukupi kebutuhan pertanian;
  7. Menumbuh kembangkan kelompok tani dan gabungan kelompok tani serta bekerja sama dengan HIPPA untuk memfasilitasi kebutuhan pertanian;
  8. Menumbuh kembangkan usaha kecil dan menengah;
  9. Bekerja sama dengan dinas kehutanan dan perkebunan dalam melestarikan lingkungan hidup;
  10. Membangun dan mendorong majunya bidang pendidikan baik formal maupun informal yang mudah diakses dan dinikmati seluruh warga masyarakat tanpa terkecuali yang mampu menghasilkan insan Intelektual, Inovatif, dan Wirausahawan (Enterpreneur).

GEOGRAFIS DAN SEJARAH

Geografis

Pulau Bawean merupakan salah satu kepulauan yang dimiliki oleh kabupaten gresik, pulau ini (Bawean) terdiri dari 2 kecamatan yaitu kecamatan Sangkapura dan kecamatan Tambak. Dalam pemerintahannya kecamatan Sangkapura ini memiliki salah satu desa yaitu desa sidogedungbatu.

Desa Sidogedungbatu merupakan desa yang terletak disebelah timur laut dari dari pusat pemerintahan kecamatana Sangkapura, atau lebih tepatnya desa ini berada pada perbatasan antara kecamatan Sangkapura dengan kecamatan Tambak. Wilayah Desa ini (Sidogedungbatu) terdiri dari daerah dataran tinggi, dataran rendah, dan Lautan. wilayah Sidogedungbatu  dibentuk menjadi 8 dusun untuk memudahkan koordinasi dalam pemerintahan desa. Adapun ke delapan (8) dusun tersebut antara lain: Dusun P.Gili, Pamuna, Batusendi, Pancur, Sumbertorak, Guntung, Timuran, dan Tebusala.

Batas Wilayah :

- Sebelah Barat           : Desa Kebun Teluk Dalam

- Sebelah Timur          : Laut jawa

- Sebelah Utara           : Desa Kepuh Lagundi Kecamatan Tambak

- Sebelah Selatan       : Desa Kebun Teluk Dalam

Sejarah

                 Desa Sidogedungbatu adalah sebuah Desa yang terbentuk sejak zaman penjajahan Belanda. Yang terdapat di arah timur laut Kecamatan Sangkapura yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Tambak. sejarah dinamakannya Desa Sidogedungbatu, menurut narasumber yang dapat di hubungi sampai saat ini tidak diketahui secara pasti kenapa desa ini dinamakan SIDOGEDUNGBATU, namun menurut cerita legenda yang beredar dan dipercaya masyarakat bahwa awalnya bentuk dan lahan rumah-rumah penduduk Desa Sidogedungbatu kebanyakan berdinding kayu, tetapi dalam perjalanannya rumah-rumah warganya berubah menjadi tembok dan batu bata sehingga namanya menjadi SIDOGEDUNGBATU yang artinya jadi rumah tembok atau gedung.

belum ada tokoh-tokoh desa yang berani memastikan kebenaran akan cerita asal muasal nama Desa SIDOGEDUNGBATU.


POTENSI DESA


Desa Sidogedungbatu memiliki potensi wilayah yang banyak dan butuh penanganan lebih lanjut. Adapun potensi yang dapat dimanfaatkan mulai dari hasil  perkebunan, pegunungan, sawah, dan laut. dimana daerah ini butuh pengolahan yang lebih lanjut adapun pemanfaatan yang dapat dilakukan atas beberpa potensi diatas antara lain:
a. Dari perkebunan 
   Pemanfaatan yang dapat dilakukan dari hasil perkebunan adalah pemberdaayaan hasil perkebunan seperti kelapa, pisang, pohon aren serta beberapa buah. Apabila masyarakat diberdayakan akan beberapa hasil perkebunan ini maka akan meningkatkan penghasilan masyarakat.
b. Dari persawahan
   Perbaikan sarana dan prasara penunjang persawahan seperti system irigasi yang baik, bibit air yang banyak, alat penunjang seperti traktor, serta bibit dan pupuk yang memadai maka akan meningkatkan tarap kehidupan para petani.
c. Dari pegunungan
   Tanah yang luas dan ditumbuhi beberapa tanaman dimana diperlukan pemanfaatan yang lebih lanjut seperti rotan, pandan, bamboo serta beberapa biji-bijian apabila d manfaatkan secara maksimal maka akan menyediakan beberapa lapangan pekerjaan baru.
d. Dari laut
   Wilayah Sidogedungbatu yang berbatasan langsung dengan laut jawa maka akan menyebabkan pemanfaatan hasil laut akan di utamakan, namun selain dari hasil tangkapan ikan potensi yang dapat digali dari laut adalah sebagai tempat wisata. Dimana daerah sidogedungbatu memiliki pulau yang sangat indah yaitu pulau gili dan pulau nook gili, disamping pesona pantai desa sidogedungbatu juga dapat di tingkatkan dari pesona wisata bawah air (karang) serta wisata mangrove. Wisata mangrove dan pemandangan bawah air ini masih belum terekspos oleh luar masih butuh perawatan yang dalam menjaga dan menyediakan fasilatas fasilatas penunjangnya.​

Produk unggulan desa
A. Kerajinan tangan
    Miniatur Jukung, dan Perahu
    Gambar motif pada kayu
    Lukisan 
    *aidi faiz – batusendi - 081332786324
B. Gula aren
    *Ida Rafiqah – Tebusala -     
C. Kerupuk ikan
    *Ayatullah b. – Batusendi -
D. Opak-opak
    *Hazinatul Azrar – Batusendi -
E. Pembuatan batu bata
    *Hilla – Guntung –
F. Pembuatan meubel
    *Hatmin – Guntung -
G. Pembuatan tikar
    *Faizin – Tebusala -

 

 


Sumber : Peserta KKN UNS - Solo Tahun 2018