Optimalisasi DBHCHT, Pemkab Gresik Gelar Asistensi Dan Evaluasi DBHCHT TA 2023/2024

25 Apr 2024

Surabaya, 25 April 2024 - Memasuki triwulan II, Pemerintah Kabupaten Gresik menggelar Asistensi Penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun anggaran 2024 dan evaluasi penggunaan DBHCHT tahun anggaran 2023. Bertempat di Hotel Platinum Surabaya, acara ini digelar pada tanggal 25-26 April 2024.

Tujuan utama agenda ini adalah untuk meningkatkan capaian kinerja dalam realisasi anggaran DBHCHT secara lebih optimal. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Ahmad Washil Miftahul Rahman saat memberikan pengarahan dalam agenda tersebut.

"Optimalisasi ini penting sebagai tolak ukur dalam realisasi anggaran DBHCHT. Untuk itu akan kita upayakan di tahun 2024 ini progresnya bisa sesuai yang kita harapkan," ucap Sekda Washil.

Perlu diketahui, total anggaran DBHCHT di Kabupaten Gresik tahun anggaran 2024 mencapai Rp. 26 miliar. Salah satu contoh realisasinya adalah berupa bantuan sosial yang mencakup beberapa lapisan masyarakat kurang mampu, dan memprioritaskan petani tembakau.

"Dari anggaran tersebut, kita sudah membaginya menjadi beberapa program prioritas, seperti kesejahteraan masyarakat sebanyak Rp. 11 miliar, bagian penegakan hukum Rp. 2 miliar, bidang kesehatan Rp. 10,5 miliar, dan prioritas lain Rp. 2,5 miliar," ungkap Washil.

Sekda Washil menambahkan, dalam realisasinya kerap menemukan beberapa tantangan. Salah satunya ada regulasi yang kerap berubah dari pemerintah pusat.

Meski demikian, dia tetap optimis DBHCHT tahun ini dapat diserap secara maksimal oleh para OPD terkait.

"Kita juga akan evaluasi penggunaan DBHCHT tahun 2023 kemarin, sehingga kita bisa lebih detailkan untuk triwulan I serta dapat lebih maksimal di triwulan II nanti,  dan seterusnya," ungkapnya.

Harapannya, dari hasil evaluasi hari ini dapat membawa dampak dalam optimalisasi pemanfaatan DBHCHT.

Turut serta dalam agenda ini Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Gresik Eko Rudi Hatono, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda. Kabupaten Gresik, Kepala BAPPEDA Kabupaten Gresik, Kepala BPPKAD Kabupaten Gresik, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gresik, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gresik, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gresik, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gresik, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Gresik Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Gresik, dan Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda. Kabupaten Gresik. (*/edited by Diskominfo Kab. Gresik)

BERITA LAINNYA

06 May 2024
New
Ajak Guru Terus Update Ilmu, Pesan Wabup Kala Hadiri Halbil Keluarga Besar Wilker IV

Gresik, 6 Mei 2024 - Ratusan guru, kepala sekolah, pengawas, dan penilik yang tergabung dalam keluarga besar Dinas Pendidikan Wilayah Kerja (Wilker) IV dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) memenuhi Gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP), Senin (06/05).

Mereka berkumpul dalam ra ...

05 May 2024
New
Hadiri Halal Bihalal MWCNU Balongpanggang, Gus Yani Ajak Manfaatkan Islamic Center

Gresik, 5 Mei 2024 - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menghadiri halal bihalal Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Balongpanggang, Minggu (05/05) siang. Pelaksanaan halal bihalal tersebut, berlangsung di Masjid KH. Robbach Ma'sum kompleks Islamic Center Kecamatan Balongpanggang.

...

02 May 2024
New
Bentuk Dukungan Moral, Wabup Aminatun Habibah Takziah Ke Rumah Korban Kecelakaan Laut Bawean

Gresik, 2 Mei 2024 - Duka mendalam disampaikan Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah kepada orang tua almarhum Adam Surya Pratama, warga Desa Boteng, Kecamatan Menganti yang menjadi korban kecelakaan laut di Desa Sidogedungbatu Bawean pada Selasa (30/04) lalu.

Wabup, bersama Badan Penanggu ...

call