BIKIN E KTP, CUKUP BAWA KARTU KELUARGA KE DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL GRESIK

Rabu, 18 May 2016 | 14:00

Tanpa surat pengantar RT, RW, Kelurahan maupun kecamatan. Kami siap melayani perekaman penerbitan dan penggantian Kartu tanda Penduduk (KTP) Elektronik yang rusak. ”Cukup menunjukkan fotocopy kartu keluarga (KK) ke Kantor. Hanya sehari KTP elektronik sudah bisa kami terbitkan” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik, Hermanto TH. Sianturi melalui kabag Humas Suyono Rabu (18/5).

Penerbitan yang hanya sehari dimaksud bagi pemohon yang sudah terekam datanya di data base. Namun bagi pemohon baru yang belum terekam kami janjikan untuk menunggu maksimal seminggu setelah perekaman. Hal ini menurut mantan Kepala Bapeda Gresik ini karena data pemohon baru masih harus dikirim ke pusat data. “ Biasanya juga gak terlalu lama bahkan kadang sehari sesudahnya sudah bisa dicetak. ” tambahnya.

Percepatan proses penerbitan KTP elektronik tersebut sesuai surat mendagri nomer 471/1768/SJ tertanggal 12 Mei 2016. Berdasarkan surat tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik membuka beberapa tempat perekaman selain di kantor Dispenduk Capil di Jalan Wakhid Hasyim. Setidaknya sudah ada 2 tempat yang lain yaitu di wilayah Utara yang ditempatkan di Kantor Kecamatan Sidayu dan di Wilayah Selatan ada di Kantor Kecamatan Kedamean.

Menurut Kepala Bidang Kependudukan Dispendukcapil Gresik Siti Muklisyatin, Tempat perekaman KTP Elektronik di 3 wilayah tersebut untuk melayani perekaman di wilayah sekitar. Perekaman di Kecamatan Sidayu melayani perekaman untuk masyarakat wajib KTP dari dari wilayah Gresik Utara masing-masing Kecamatan Sidayu, Bungah, Dukun, Ujungpangkah dan Panceng. Sedangkan Perekaman di Kecamatan Kedamean melayani wilayah selatan yaitu kecamatan Kedamean, Driyorejo, Wringinanom, Menganti.

Untuk wilayah kota yakni wajib KTP warga Kecamatan Kebomas, Gresik, dan Manyar bisa langsung ke kantor Dispendukcapil Gresik. Sedangkan warga dari Kecamatan Balongpanggang, Benjeng, Duduksampeyan dan Cerme untuk sementara bisa bergabung Ke tempat perekaman di Wilayah Selatan yaitu di Kantor Kecamatan Kedamean.“Tak lama lagi kami akan membuka tempat perekaman di Kecamatan Benjeng” tutur Siti Muklisyatin.

Untuk wilayah Kepulauan yaitu masyarakat di Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak Pulau Bawean, perekamannya sudah berjalan. “Minggu depan kami bersama tim akan berangkat ke Pulau Bawean untuk melaksanakan proses perekaman lanjutan sekaligus menerbitkan KTP bagi masyarakat yang sudah melaksanakan perekaman. Kami bersama tim akan mengoptimalkan perekaman sekaligus penerbitan KTP elektronik untuk warga setempat” tambah Kasi Dokumen Kependudukan Ilham Robbi.

Sesuai data, jumlah penduduk Gresik yang wajib KTP sampai April 2016 mencapai 974.057 orang dari jumlah penduduk Gresik yang 1.327.564 jiwa. Total wajib KTP yang sudah melakukan perekaman mencapai 835.215 orang. “Yang belum terekam sebanyak 138.842 orang inilah yang akan kebut untuk segera kami selesaikan sampai paling lambat 30 september sesuai surat Menteri Dalam Negeri” pungkas Ilham Robbi. (sdm)