Dorong Revitalisasi Wisata Setigi dan KPI, Bupati Gresik Gus Yani Upayakan Stimulan dan Pendampingan

06 Feb 2024

Gresik, 6 Februari 2024 - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dorong pengelolaan potensi wisata Selo Tirto Giri (Setigi) dan Kebun Pak Inggih (KPI). Selain itu untuk perbaikan peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes) Sekapuk Pemkab Gresik juga akan menyiapkan stimulan dan pendampingan melalui Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Kebudayaan dan Olahraga (Disparekrafbudpora)

Hal ini disampaikan Gus Yani sapaan akrab Bupati Gresik menyikapi pasca perselisihan yang terjadi di Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah beberapa waktu yang lalu.

"Pemkab Gresik melalui dinas pariwisata berkewajiban untuk memberikan pendampingan. Utamanya dalam hal pengelolaan sektor pariwisata,"kata Gus Yani saat temu wicara bersama masyarakat Desa Sekapuk yang digelar di wisata Setigi, Selasa (6/1/2024).

Maka, lanjut Gus Yani, tugas Pemda tidak hanya memberikan stimulan anggaran saja. Tapi juga dalam rangka memberikan peningkatan kapasitas dan kualitas pengelolaan potensi wisata.

"Setigi dan KPI menjadi sebuah kebanggaan dan identitas masyarakat Desa Sekapuk. Wisata yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ini harus sukses,"harapnya.

Berkaitan dengan hutang yang harus dibayarkan oleh BUMDes tiap bulan senilai 120 juta. Pemda akan mengajak duduk bersama supaya dapat membayar sesuai dengan kemampuan dan pendapatan yang dihasilkan oleh BUMDes Sekapuk.

"Ini nanti bisa dilakukan entah jangka waktu sesuai perjanjian 3 tahun dibuat 4 atau sampai 5 tahun. Dalam mengelola bisnis tidak selalu berjalan mulus. Pasti ada pasang surut seperti yang dialami oleh BUMDes Sekapuk saat ini dalam keadaan sepi pemasukan,"ujarnya.

Dikatakan, wisata yang di bangun dari, oleh dan untuk masyarakat. Sudah seyogyanya bersinergi dan bergerak beriringan dengan pemerintah daerah. Maka, mari bersama-sama meningkatkan pengembangan dan pendapatan desa melalui wisata.

"Mudah-mudahan wisata Setigi dan KPI segera bangkit dan ramai kembali. Agar pendapatan yang dihasilkan bisa berdampak untuk masyarakat Desa Sekapuk,"pungkasnya.

Turut hadir dalam temu wicara, Kepala Dinas PMD Abu Hassan, Kepala Disparekrafbudpora Saifudin Ghozali, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sri Subaidah, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Imam Basuki, Forkopimcam Ujungpangkah, serta tokoh agama, tokoh masyarakat dan warga Desa Sekapuk Ujungpangkah.(dvd/edited by Diskominfo Kab. Gresik)

BERITA LAINNYA

25 Apr 2024
New
Wakil Bupati Gresik Pimpin Upacara Peringatan Hari Otoda ke-XXVIII, Amanat Mendagri Sebut Tantangan Pembangunan

Gresik, 25 April 2024 - Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah memimpin upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke-XXVIII tahun 2024. Mengusung tema "Otonomi daerah berkelanjutan menuju ekonomi hijau dan lingkungan yang sehat". Kegiatan digelar di Halaman Kantor Bupati Gresik, Kamis (25/4/20 ...

25 Apr 2024
New
Optimalisasi DBHCHT, Pemkab Gresik Gelar Asistensi Dan Evaluasi DBHCHT TA 2023/2024

Surabaya, 25 April 2024 - Memasuki triwulan II, Pemerintah Kabupaten Gresik menggelar Asistensi Penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun anggaran 2024 dan evaluasi penggunaan DBHCHT tahun anggaran 2023. Bertempat di Hotel Platinum Surabaya, acara ini digelar pada tanggal 25- ...

23 Apr 2024
New
Perkuat Sinergisitas Desa, Bupati Gresik Ajak Solidaritas AKD Peduli Bawean

Gresik, 22 April 2024 - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengajak Asosiasi Kepala Desa (AKD) se-Kabupaten Gresik ikut peduli korban gempa Bawean. Ajakan tersebut disampaikan bupati saat menghadiri halal bihalal dan kenduri desa atas lahirnya UU desa 2024.

Diikuti 330 kepala desa kegiatan t ...

call